Foto Pemancing Dekat dengan Kumpulan Ikan Paus di Norwegia, Begini Faktanya Usai Ditelusuri

  • Bagikan
Foto pemancing dekat dengan kumpulan ikan paus di Svalbard, Norwegia yang beredar di media sosial Facebook. Foto : tangkapan layar laman TurnBackHoax

HARIAN BERKAT – Kabar mengenai foto pemancing dekat dengan kumpulan ikan paus di Svalbard, Norwegia beredar dan viral di media sosial belum lama ini.

Sontak, kabar tersebut membuat jagad maya heboh dan ramai menjadi perbincangan warganet.

Informasi tersebut disampaikan melalui akun Facebook Bill Fritz yang mengunggah ulang postingan akun The beauty of the earth berupa foto pemancing dekat dengan kumpulan ikan paus.

Baca Juga : Konflik Palestina vs Israel, MUI : Penyelesaian Butuh Langkah Kongkret

Akun Facebook Bill Fritz juga mengklaim bahwa foto yang diunggah pada 5 Mei 2022 lalu itu diabadikan oleh fotografer bernama Achim Koepe saat berada di Svalbard, Norwegia.

Dalam unggahannya, akun Facebook Bill Fritz menuliskan narasi dalam bahasa Inggris sebagai berikut :

Svalbard, Norway
Photography by ©Achim Koepe
“Admiral, there be whales here!”

Apabila narasi tersebut diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, maknanya adalah seperti di bawah ini.

Svalbard, Norwegia
Fotografi oleh ©Achim Koepe
“Laksamana, ada ikan paus di sini!”

Lantas, apakah benar kabar mengenai foto pemancing dekat dengan kumpulan ikan paus di Svalbard, Norwegia?

Baca Juga : Masyarakat Sadaniang Berkomitmen Memutus Rantai Penyebaran COVID-19

Ternyata, setelah ditelusuri kabar mengenai foto pemancing dekat dengan kumpulan ikan paus di Svalbard, Norwegia adalah berita bohong alias hoaks.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto unggahan itu adalah foto yang ditangkap oleh seorang fotografer Amerika bernama Scott Methvin pada tahun 2015 silam di Alaska, Amerika Serikat.

Kemudian, mengutip dari Hoaxeye, Methvin dengan sengaja menggabungkan foto asli hasil tangkapannya dengan foto lain untuk kesenangan belaka.

Baca Juga : Bung Karno Proklamator Kemerdekaan Mewariskan Pancasila Untuk Bangsa dan Negara

Foto hasil suntingan tersebut diunggahnya di laman Instagram pribadinya (@breachingwhales) pada 11 April 2018. Sedangkan foto asli sebelum Methvin edit ditemui pada situs Alamy dan Media Drum World.

Dengan demikian, foto pemancing dekat dengan kumpulan ikan paus di Svalbard, Norwegia tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.***

  • Bagikan