Main HP Menjelang Tidur Sangat Berbahaya bagi Kesehatan, Berikut 5 Gangguan yang akan Dialami

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi buka hp saat bangun tidur/PMJ

HARIAN BERKAT – Bermain game di HP atau berselancar di internet sebelum tidur memang tampak menyenangkan, namun hal tersebut berdampak pada kesehatan.

Bahaya main HP sebelum tidur memang tak dirasakan secara langsung. Namun, jika dilakukan secara terus-menerus, kebiasaan buruk ini akan mempengaruhi kualitas tidur bahkan menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan.

Berikut bahaya main HP sebelum tidur yang dapat berdampak pada kesehatan seseorang.

Baca Juga: Ramalan Astrologi Karir dan Kesehatan Zodiak Aries Kamis 30 Juni 2022, Kamu Perang Bukan Hanya di Tempat Kerja

1. Menyebabkan Insomnia
Dampak bahaya main HP sebelum tidur pertama adalah bisa menjadi penyebab insomnia. Insomnia sendiri merupakan gangguan kesehatan yang membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru yang dihasilkan ponsel dapat menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi sebagai pengatur tidur. Hal ini kemudian akan berdampak pada ritme sirkadian pada tubuh.

2. Tingkatkan Risiko Depresi dan Gangguan Bipolar
Bahaya main HP sebelum tidur selanjutnya adalah dapat meningkatkan risiko depresi dan gangguan bipolar. Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian yang melibatkan ribuan siswa.

Hasil penelitian menemukan adanya hubungan antara penggunaan handphone sebelum tidur dengan penurunan adaptasi lingkungan di kemudian hari.

  • Bagikan