Hati-hati! Kebiasaan Tidur Dekat HP Berpotensi Meningkatkan Risiko Kanker

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi buka hp saat bangun tidur/PMJ

HARIAN BERKAT – Bermain HP sebelum tidur kini menjadi kebiasaan yang makin banyak dilakukan orang. Tidak jarang, kebiasaan ini juga membuat orang-orang tidur di dekat HP mereka. Bagi beberapa orang, tidur dekat HP mungkin bisa membuat mereka lebih cepat bangun pagi karena terpasang alarm. Sayangnya, kebiasaan ini juga dapat menimbulkan masalah berikut.

Menurunkan Kualitas Tidur

Sejumlah institusi di Swedia dan Amerika Serikat meneliti bahaya radiasi HP terhadap kualitas tidur. Mereka menemukan bahwa orang yang banyak terpapar radiasi HP butuh waktu lebih lama untuk memasuki fase tidur yang lebih dalam.

Baca Juga: Jadi Referensi Utama Para Pelaku Bisnis dan Ekonomi, Berikut Peran Media

Hal serupa ditemukan dalam sebuah penelitian di Arab Saudi pada 2020. Orang yang biasa bermain HP lebih dari 8 jam per hari, bermain HP sebelum tidur, dan tidur dekat HP ternyata cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk.

Menyebabkan susah tidur

Menurut penelitian dalam Journal of Psychiatric Research, radiasi cahaya biru bisa menghambat produksi hormon melatonin yang mengatur tidur dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh).

Hal ini terjadi karena cahaya biru memancarkan gelombang panjang yang mirip dengan cahaya pada siang hari. Tubuh kamu pun menurunkan produksi melatonin karena keliru mengira bahwa situasi di sekitar masih siang hari. Akibatnya, kamu jadi susah tidur.

  • Bagikan