Capres yang Didukung Jokowi Mayoritas Tidak Terpengaruh

  • Bagikan
Capres yang didukung Presiden Jokowi mayoritas publik yakni 65,7 persen tidak terpengaruh, kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat 18 November 2022. Foto: antaranews/werry

HARIAN BERKAT – Mayoritas publik atau sebanyak 65,7 persen Capres (Calon Presiden) tidak terpengaruh terhadap arah dukungan yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk memilih kandidat Capres (calon presiden) tertentu.

Persentase Capres yang didukung Jokowi tersebut berdasarkan hasil survei nasional Voxpol Center Research & Consulting terbaru menunjukkan bahwa mayoritas publik yakni 65,7 persen tidak terpengaruh terhadap arah dukungan yang diberikan Presiden Joko Widodo untuk memilih kandidat calon presiden tertentu.

yang setuju Capres yang didukung Jokowi yaitu sebanyak 25 persen responden tersebut menyatakan dukungan Presiden Jokowi berpengaruh untuk menggiring nya memilih kandidat capres tertentu. Adapun 9,3 responden menyatakan tidak tahu atau tidak jawab.

Baca Juga: Jokowi Dukung Prabowo di Pilpres 2024, Pengamat: Upaya Jegal Anies

“Artinya, Capres yang didukung Jokowi nanti yang dijagokan jadi capresnya, ternyata masyarakat sudah punya pilihan sendiri,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat 18 November 2022 sebagaimana dirilirs antaranews.com.

Pangi menyebut dari yang terpengaruh terhadap pilihan politik Presiden Joko Widodo, sebanyak 32,1 persen responden cenderung memilih Capres Ganjar Pranowo, kemudian 22,3 persen memilih Anies Baswedan, lalu 18,7 persen memilih Prabowo Subianto.

“Kalau ada anggapan Capres Anies Baswedan merupakan antitesis Jokowi itu enggak ketemu dari data kita, buktinya bahwa kalau, misalnya pengaruh Pak Jokowi yang 25 persen tadi, ternyata di situ ada pemilih Anies,” ucapnya.

  • Bagikan