Inilah 5 Negara Paling Dermawan di Dunia, Indonesia di Posisi Pertama Lho?

  • Bagikan
Bantuan kepada masyarakat terdampak banjir, Bupati Sintang Jarot Winarno dan Konsulat Malaysia Azizul Zekri Bin Abdur Rahim menyerahkan paket sembako. Inilah salah satu bentuk dermawan Indonesia, sehingga tahun 2021 Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia. Foto: harianberkat.com/Susianti

HARIAN BERKAT – 5 negara paling dermawan di dunia ternyata Indonesia menmpati posisi urutan pertama. Hal ini berdasarkan laporan survei Charity Aid Foundation (CAF) yang merilis World Giving Index (WGI) pada pertengahan 2021 lalu.

Sejumlah indikator yang menjadi aspek penilaian bagi CAF untuk menentukan suatu negara sebagai dermawan, yaitu persentase menolong orang yang tidak dikenal, persentase jumlah donatur, dan kegiatan sukarelawan.

Laporan CAP mengungkapkan ada lebih dari 3 miliar penduduk bumi yang membantu seseorang yang tidak mereka kenal pada tahun 2020. Jumlah tersebut merupakan angka paling tinggi yang pernah dicatatkan CAF World Giving Index.

Baca Juga: Walikota Tjhai Chui Mie Instruksikan ASN Beragama Islam Bayar 2,5 Persen Zakat Profesi ke BAZNAS Singkawang

Inilah 5 negara yang dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia.

1. Indonesia
Indonesia dalam urutan negara paling di dunia menurut CAF menempati posisi pertama. Laporan World Giving Index 2021 menyebutkan bahwa skor indeks keseluruhan Indonesia adalah 69 persen. Angka tersebut naik dari skor 59 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu 2020.

Skor 65 persen Indonesia yang menjadikan sebagai negara paling dermawan di dunia yaitu untuk jumlah orang yang bersedia menolong orang asing 83 persen donatur, dan 60 persen orang yang meluangkan waktu untuk kegiatan sukarelawan.

Namun zakat adalah salah satu faktor yang menjadikan Indonesia menjadi negara paling dermawan di dunia. Ada seruan dari pemimpin agama di Indonesia agar orang-orang menyalurkan zakat untuk membantu orang-orang di komunitas mereka yang mengalami kesulitan akibat dari keterpurukan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi.

Semangat gotong royong yang sering digaungkan di Tanah Air mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan sukarelawan, juga menjadikan skor Indonesia menjkadi tinggi.

Baca Juga: Berikut Peran Wali Songo dalam Menyebarkan Agama Islam di Nusantara

2. Kenya
Negara di Afrika, Kenya ternyata menempati peringkat kedua sebagai negara paling di dunia dengan skor indeks keseluruhan 58 persen atau selisih 11 persen dengan Indonesia.

Kenya memperoleh skor 76 persen untuk jumlah orang yang mau menolong orang tak dikenal, 49 persen untuk jumlah donatur, dan 49 persen orang yang meluangkan waktu untuk kegiatan sukarelawan.

  • Bagikan