Ahli: Konsumsi Madu Bisa Bantu Seimbangkan Gula Darah

  • Bagikan
Ilustrasi madu
Ilustrasi madu/pixabay.com

HARIAN BERKAT – Ada beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh dari mengonsumsi dua sendok makan madu setiap hari, meskipun mengandung sekitar 80 persen gula.

Sebuah studi baru menemukan bahwa madu dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan meningkatkan kadar kolesterol. Hal itu merupakan indikator kesehatan kardio metabolik yang penting.

Baca Juga: Bunda Cari Tau Manfaat Madu bagi Wanita Hamil yang Perlu Diketahui

Penyakit kardio metabolik adalah sekelompok kondisi umum yang mencakup serangan jantung, strok, diabetes, resistensi insulin, dan penyakit hati berlemak nonalkohol. Sebagian besar gangguan kesehatan itu dapat dicegah.

Para ahli mengatakan, mengganti pemanis tambahan dalam makanan seperti gula untuk teh, dengan madu dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit hati berlemak nonalkohol.

Para peneliti di University of Toronto di Kanada belum lama ini menganalisis temuan dari 18 percobaan yang melibatkan lebih dari 1.100 peserta. Mereka menemukan bahwa madu mentah dari satu sumber bunga memiliki efek paling positif pada tubuh.

Peneliti menemukan madu tersebut dapat menurunkan glukosa darah puasa dan jumlah kolesterol jahat dalam darah sekaligus meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi peradangan.

  • Bagikan