Nabi Zakaria Berdoa Minta Anak, Ini Adab Berdoa Mudah Dikabulkan

  • Bagikan
Berdoa foto: Amber Clay dari Pixabay

HARIAN BERKAT –Ketika kita merendahkan diri dan mengakui ketinggian Rabbul ‘Alamin, maka saat itu doa mudah dikabulkan. Di sini Zakaria menyebutkan bagaimana kehinaan dirinya.
Tulisan tentang “Adab Berdoa Nabi Zakariya Meminta Keturunan” ini adalah catatan faedah dari ceramah singkat yang dibawakan oleh Ustadz DR. Firanda Andirja, Lc. MA. Hafidzahullahu Ta’ala.

Baca Juga: Ini Adab-adab Ketika Berdoa Agar Dikabulkan Allah Subhanahu wa ta’ala

Jadi ceritanya Nabi Zakaria berdoa minta anak. Di antara adab berdoa adalah yang disebutkan oleh Allah dalam Al-Qur’an tentang doa Nabi Zakaria.
1. Suara lirih
“Zakaria berdoa dengan suara yang lirih” (QS. Maryam[19]: 3)

Baca Juga: Gus Baha: Berdoa di Hari Jumat Mudah Terkabul karena Awal Manusia Diciptakan

Tidak perlu kita berdoa dengan suara yang keras-keras kalau kita sedang bersendirian. Kenapa? Karena Allah Maha Mendengar. Kita yakin Allah Maha Mendengar, dengan suara lirih yang kita dengar dengan suara sendiri tapi diucapkan. Maka itu di antara adab doa, Allah pasti Maha Mendengar.

2. Mengungkapkan kelemahan

Di antara adab doa adalah kita mengungkapkan seluruh kelemahan/kerendahan kita. Makanya Zakaria menyebutkan beberapa kerendahan dia; pertama, tulangku sudah lemah, dia sudah sangat tua ketika itu, rambutnya sudah putih semua, tidak ada sehelai rambut pun yang hitam, kemudian istrinya mandul, kemudian kebutuhan dimana orang-orang Bani Israil tidak ada yang akan mengurus mereka kalau Zakaria sudah meninggal.

Jadi di antara adab berdoa, kalau kita berdoa maka kita benar-benar minta kepada Allah, tunjukkan kekurangan kita, tunjukkan kehinaan kita di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semakin kita menunjukkan kehinaan kita kepada Allah, semakin mudah dikabulkan.

Baca Juga: Doa Orang yang Hadir Dalam Majelis Ilmu, Doanya Diijabah Allah SWT

Oleh karenanya doa paling mudah dikabulkan tatkala sujud. Dimana Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan:

  • Bagikan