Mengenal Scabies pada Anak, Infeksi Kulit Akibat Tungau yang Menimbulkan Ruam dan Gatal

  • Bagikan
Gejala penyakit scabies pada anak sampai ke bagian kaki. Foto: ist

HARIAN BERKAT – Scabies atau kudis adalah masalah kulit umum yang bisa dialami tidak hanya orang dewasa, scabies pada anak juga sering terjadi akibat infeksi kulit menimbulkan ruam dan gatal disebabkan oleh kutu atau tungau kecil yang disebut Sarcoptes scabiei.

Scabies dapat menyebabkan rasa gatal luar biasa pada kulit yang seringkali dapat menyebabkan benjolan pada kulit, dan dapat menular dengan mudah dari orang ke orang, terutama di antara orang yang tinggal berdekatan.

Jika salah satu anggota keluarga menderita skabies, pemeriksaan kesehatan juga harus dilakukan dengan anggota keluarga lain atau yang melakukan kontak dekat dengan penderita skabies.

“Selain tertular dari anggota keluarga yang terinfeksi, penularan scabies pada bayi bisa terjadi dalam lingkungan tertutup seperti sekolah dan tempat penitipan anak,” jelas dr. Umi Rinasari, Sp.KK, MARS, FINDSV, Dokter Spesialis Kulit & Kelamin RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Bagi anak yang menderita scabies, mereka akan memiliki gejala awal seperti ruam merah dan benjolan. Bintik-bintik kecil yang timbul pada kulit akan terlihat seperti benjolan merah atau jerawat.

Baca Juga: Scabies atau Penyakit Kulit pada Anak Akibat Kutu, Gejala dan Pengobatannya

Dilansir dari Cleveland Clinic, ruam akan menyebar secara perlahan selama beberapa minggu atau bulan. Selain ruam, tanda dan gejala lainnya dari scabies meliputi:

Rasa gatal yang hebat, dan akan lebih parah di malam hari dan mengganggu waktu tidur. Benjolan yang dapat mengakibatkan infeksi karena garukan. Timbulnya ruam yang terlihat seperti garis keabu-abuan atau sewarna dengan kulit.

“Setelah tertular kutu Sarcoptes scabies dari orang yang terinfeksi tungau tersebut, dapat muncul ruam kulit dan gatal yang intens. Pada bayi, biasanya gejala baru muncul setelah 3 minggu terinfeksi akibat masa inkubasi tungau,” ujar dr. Umi

Anak-anak yang mengalami scabies akan mengalami gatal-gatal di seluruh tubuh mereka dan membuat mereka menjadi lebih rewel atau lelah karena kurang tidur akibat gatal di malam hari.

Meskipun scabies dapat ditemukan di hampir semua bagian tubuh, namun scabies paling sering ditemukan di bagian-bagian tubuh seperti:

Baca Juga: Kurang Minum Air Putih Percepat Penuaan dan Bisa Picu Penyakit Kronis

Ketiak. Sekitar pinggang. Bagian dalam pergelangan tangan. Siku bagian dalam. Telapak kaki. Sekitar payudara. Sekitar alat kelamin. Pantat. Lutut. Pada bayi dan anak kecil, area tubuh yang paling umum terkena skabies, meliputi:

  • Bagikan