MKJP Solusi Pasangan Suami Istri Mengatur Jarak Kehamilan

  • Bagikan
Direktur Bina Pelayanan KB Wilayah Khusus BKKBN dr. Fajar Firdawati saat kegiatan pelayanan KB MKJP (Implant dan IUD) gratis dalam rangka HUT Pemprov Kalbar ke 66, di Puskesmas Kedukul, Kecamatan Mukok Kabupaten Sanggau. foto: marupek

HARIAN BERKAT –Direktur Bina Pelayanan KB Wilayah Khusus BKKBN dr. Fajar Firdawati mengajak pasangan suami istri yang ingin mengatur jarak kehamilan dengan memilih Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Baca Juga: Sembilan Bidan dan Satu Dokter Beri Pelayanan MKJP Gratis di Mukok

Menurutnya dibanding penggunaan non MKJP, MKJP justru lebih baik. Apalagi saat ini ada banyak pilihan model MKJP.

“MKJP ini merupakan alkon moderen. Untuk di Kalbar capaian kontrasepsi cukup tinggi. Namun untuk MKJP capaiannya rendah, kurang lebih hanya 10 persen,” ujarnya usai hadir pada pelayanan KB MKJP (Implant dan IUD) gratis dalam rangka HUT Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ke 66, di Puskesmas Kedukul, Kecamatan Mukok Kabupaten Sanggau, Selasa 17 Januari 2023.

Baca Juga: BKKBN Gelar Orientasi Peningkatan Kapasitas Pelayanan KB Bagi 35 Bidan di Sambas

Melihat masih rendahnya MKJP di Kalbar, menjadi tantangan buat meningkatkan program ini. Lebih dalam, dr. Firda menjelaskan, MKJP lebih efektif dan efisien ketimbang non MKJP. “Dengan MKJP masyarakat tak perlu tiap hari minum obat KB,” tegasnya.

  • Bagikan