Hindari Sakit Punggung saat Bangun, Coba 5 Cara Ini Sebelum Tidur

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi sakit punggung usai bangun tidur/PMJ

HARIAN BERKAT – Setiap orang pernah merasakan keluhan sakit punggung, salah satunya saat bangun tidur. Kondisi ini terkadang dirasakan bisa cukup berat hingga membatasi aktivitas penderitanya.

Seorang psikolog dari Bone & Joint Institute di Hartford HealthCare, dr Peter Lucchio mengatakan kebiasaan tidur yang buruk tak hanya dapat menyebabkan nyeri punggung bawah, tetapi juga dapat menyebabkannya rasa sakit itu bertahan meskipun ada intervensi lain.

Baca Juga: Awas! Kurang Tidur Beresiko Hipertensi dan Jantung Korener

“Saat menderita sakit punggung, sulit untuk membayangkan bahwa gaya hidup Anda mungkin berkontribusi pada perkembangan masalah tersebut,” ungkap Lucchio, MInggu 22 Januari 2023.

Lucchio menawarkan tips untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dan mencegah sakit punggung. Berikut 10 cara yang bisa Anda coba menjelang waktu tidur.

1. Mandi Air Hangat atau Berendam
Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi peningkatan aliran darah dari mandi atau berendam air hangat sebenarnya dapat menurunkan suhu inti tubuh, dan membantu tertidur lebih cepat.

2. Jangan Makan Besar
Makan sebelum tidur adalah cara ampuh lainnya untuk membuat ritme sirkadian tidak seimbang. Gangguan pencernaan dan refluks asam juga dapat mengganggu tidur, jadi sebaiknya makan dalam porsi besar setidaknya tiga jam sebelum tidur.

  • Bagikan