Kisah Bujang Nadi dan Dare Nandong yang Dikubur di Danau Sebedang

  • Bagikan
Foto: Danau Sebedang, Sambas/Istimewa

HARIAN BERKAT – Bujang Nadi dan Dare Nandong adalah dua kakak beradik yang merupakan anak dari Raja Tan Unggal, yaitu Raja yang pernah memerintah di Kerajaan Sambas.

Raja Tan Unggal dikenal sebagai raja yang kejam, figure yang paling ditakuti, karena disamping tubuhnya tinggi besar, wataknya keras, tegas serta garang, kekuatannya pun luar biasa.

Bujang Nadi dan Dare Nandong sering didera pilu dan gelisah, sebab watak sang ayah yang garang, keras dan tegas itu menjadikan hati mereka seakan disayat sembilu. Mereka tak sependapat dengan tabiat ayahnya selaku Raja yang sedemikian garang itu.

Baca Juga: Asal Mula Sungai Landak, Berawal dari Seekor Lipan

Konflik kejiwaan semacam ini acapkali bergejolak di batin mereka. Bujang Nadi dan Dare Nandong yang dianugerahi paras nan elok menawan, pembawaan mereka lemah lembut, memiliki perasaan kasih sayiang terhadap manusia disekitarnya.

Darah panas dan ganas yang tercermin pada sikap Tan Unggal sama sekali bertentangan dengan hati nurani mereka, walaupun dari titisan darah yang sama mereka dilahirkan. Berdasarkan versi lain, pada suatu kejadian, ketika Bujang Nadi dan Dare Nandong sedang asyik bermain ditaman istana tanpa sadar mereka diintip oleh seorang pengawal istana.

Tepat pada saat itu Bujang Nadi dan Dare Nandong sedang asik bercerita tentang perkawinan, bertuturlah Dare Nandong kepada kakandanya, ? Kakanda Bujang Nadi demi bumi dan langit adinda bersumpah, bahwa adinda tidak akan menikah apabila tidak dengan seorang jejaka yang mirip seperti kakanda?.

Mendengar ucapan adiknya itu terus berucap pulalah si Bujang Nadi : ?Dare Nandung adikku, rembulan dan mentari boleh saja gerhana, tetapi tatapan mata kakandamu ini tidak akan pernah memberikan makna cinta untuk seorang perempuan yang berakhir pada suatu perkawinan, jika perempuan itu, perilaku dan parasnya tidak seelok engkau, oh adikku?

Baca Juga: Legenda Danau Singkarak, Kisah Orangtua Egois dan Anak yang Berbakti

  • Bagikan