Rintis Galeri Kepresiden RI di Kalimantan Barat

  • Bagikan
Ketua Harian DHD 45 Kalimantan Barat Syafaruddin DaEng Usman bersama Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan, menunjukan foto-foto pejuang Kalbar di Pameran Arsipan di Galeri Arsip Kalbar. foto: dokumen harianberkat.com

HARIAN BERKAT –Sejarah panjang suatu bangsa tak terlepas dari adanya para tokoh bangsa yang mewarnai sebuah riwayat panjang dari bangsa itu sendiri. Dari para tokoh bangsa itu, tak terkecuali para pemimpin negara dan bangsa, baik yang masih menjabat, sudah purna tugas, maupun yang sudah wafat.

Baca Juga: Deputi ANRI Harapkan Galeri DPK Kalbar Dijadikan Wisata Arsip

Tak terkecuali juga para presiden dan wakil presiden RI. Untuk mengenal lebih dekat dan mengapresiasi peran besar mereka, tentu perlu pengenalan lebih lanjut. Untuk yang terakhir ini, antaranya dengan membaca profil mereka, baik berupa dokumen dan arsip, terutama buku-buku serta terbitan lainnya.

Syafaruddin DaEng Usman. foto: dok. pribadi

“Terpanggil untuk hal itu guna dijadikan motivasi bagi generasi penerusnya, saya berusaha menghimpun berbagai koleksi foto, dokumen, arsip terutama buku mengenai sosok figur para presiden dan wakil presiden RI dan periode ke periode,” ungkap Syafaruddin DaEng Usman, Pendiri Poesaka dan Pustaka ini.

Lembaga yang menggeluti upaya pelestarian dokumen dan arsip sejarah serta budaya Kalimantan Barat dan Nusantara ini, sudah berdiri sejak Maret 1993. Hingga usia 30 tahun lembaga ini memiliki sedikitnya 5 ribu koleksi buku.

Baca Juga: DHD 45 Kalbar Apresiasi Upaya Penyelamatan Arsip Kalbar Sudah Maksimal

“Seribuan koleksi buku jadul dan lawas di antaranya,” ujar Syafaruddin DaEng Usman, yang juga Ketua Harian Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Kalbar.

Khusus koleksi tentang presiden dan wakil presiden, disebut Syafaruddin, tak kurang dari lima ratusan judul.

  • Bagikan