Syafaruddin Tegaskan Fakta Integritas Pemilu Bukan Sekedar Slogan Belaka

  • Bagikan
Syafaruddin DaEng Usman, Tim Pemeriksa Daerah Kalbar DKPP RI. foto: marupek

HARIAN BERKAT –Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Kalimantan Barat Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP RI), Syafaruddin DaEng Usman, marah besar, ketika pembacaan fakta integritas di saat pelantikan dan pengambilan sumpah janji Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Kubu Raya di Sungai Raya, di Gardenia Resort, pada Selasa 24 Januari 2023, dari Kesekretariatan PPS Kubu Raya tidak mengikuti dengan serius.

Hal ini terjadi saat perwakilan Sekretariat PPS Kubu Raya membacakan fakta integritas, sebagian anggotanya berbicara dan berisik. Jelas sekali hal ini menjadi perhatian ratusan peserta lainnya.

Baca Juga : Rintis Galeri Kepresiden RI di Kalimantan Barat

Saat tersebut spontan TPD Kalbar ini dengan suara keras minta pembacaan fakta integritas dihentikan sementara, sampai pesertanya tertib. Acara yang dihadiri Bupati, Ketua DPRD beserta jajaran forkompimda Kubu Raya, sejenak terhenti hingga dapat diteruskan kembali.

Syafaruddin memandang terjadinya ketidaknyamanan itu sebagai warning kesungguhan panitia penyelenggara pemilu dalam menyukseskan pemilu 2024. Dia meminta kepada Ketua KPU Kubu Raya untuk memberikan perhatiannya terhadap ketidaknyamanan tersebut.

Bertempat di Gardenia Resort telah diselenggarakan pelantikan PPS dari 123 desa di Kubu Raya. Pembentukan PPS dan Kesekretariatan di kecamatan ini merupakan perpanjangan yangan KPU sebagai petugas di lapangan dalam penyelenggaraan pemilu 2024 mendatang.

  • Bagikan