Sesama Penyelenggara Pemilu Jangan Saling Menjatuhkan

  • Bagikan
Anggota Tim Pemeriksa Daerah Kalbar DKPP RI, Syafaruddin DaEng Usman. foto: istimewa

HARIAN BERKAT –Anggota Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Kalbar Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Syafaruddin DaEng Usman, mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggandeng pegiat pemilu individu maupun kelompok dalam menjalankan pengawasan pada Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: MK Tidak Mengatur Sistem Pemilu Terbuka atau Tertutup, Mahfud MD: Itu Urusan Legislatif

“Dengan masa kampanye Pemilu Serentak Tahun 2024 yang telah diputuskan hanya 75 hari, beban pengawasan tidak mungkin dilakukan seorang diri oleh Bawaslu di tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota,” ungkapnya Rabu 25 Januari 2023.

“Sesuai slogan Bawaslu bahwa bersama rakyat mengawasi Pemilu, sehingga jajaran pengawas mempunyai tanggung jawab moral untuk mengajak masyarakat individu maupun kelompok untuk kritis dalam mengawasi pemilu,” ungkapnya.

Bang Din sapaan akrab Syafaruddin DaEng Usman, menambahkan beban pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024 juga bisa dikurangi dengan dibangunnya sinergi dan komunikasi yang baik dengan KPU. Seluruh tahapan pemilu kedua lembaga ini dituntut untuk berkolaborasi.

Baca Juga: Syafaruddin Tegaskan Fakta Integritas Pemilu Bukan Sekedar Slogan Belaka

  • Bagikan