15 Desa di Sanggau Ikuti Desa Cerdas, 2 Diantaranya Sudah Siap

  • Bagikan
Foto: Sosialisasi menuju desa digital di desa Balai Sebut beberapa waktu lalu

HARIAN BERKAT – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menunjuk 15 Desa di Kabupaten Sanggau mengikuti program desa cerdas atau smart village.

Adapun 15 Desa tersebut adalah desa Temiang Mali, desa Pana, desa Jangkang, desa Balai Sebut, desa Pusat Damai, desa Entikong, desa Kenaman, desa Balai Karangan, desa Tunggal Bakti, desa Tanjung Merpati, desa Pedalaman, desa Tayan, desa Meliau Hilir, desa Menyabok dan desa Sosok.

Baca Juga: Ruas Jalan Tanjakan Semboja Sanggau Alami Retak, Warga Diminta Waspada

“Dari 15 desa itu, 2 diantaranya sudah siap mengimplementasikan desa cerdas. Ke-2 desa yang sudah siap menerapkan desa cerdas berbasis aplikasi yakni desa Pusat Damai dan desa Pedalaman. Untuk Pusat Danai yang sudah siap setahun yamg lalu, begitu juga desa Pedalaman,” kata Duta Digital Kabupaten Sanggau, Zainuri ditemui wartawan, Kamis 16 Maret 2023.

“Kedepannya, 13 desa yang belum menerapkan desa cerdas, tahun 2024 diharapkan sudah terealiasasi,” tambahnya.

Zai, sapaan akrabnya menjelaskan, konsep desa cerdas (smart village) bakal mengubah desa-desa di Indonesia menjadi lebih siap menyongsong masa depan. Internet adalah sarana untuk mencapai kemajuan tersebut.

  • Bagikan