Pemkab Sanggau Siapkan Anggaran untuk Rehabilitasi Rumah Korban Longsor

  • Bagikan
Foto: Rumah salahsatu korban rumah longsor di mungguk malaria yang terpaksa merelakan rumahnya untuk dibongkar demi keamanan

HARIAN BERKAT – Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (DPCKTRP) Kabupaten Sanggau menyiapkan anggaran pasca bencana untuk para korban bencana tanah longsor di Mungguk Malaria Kelurahan Tanjung Sekayam Kecamatan Kapuas.

“Anggarannya baru tahun ini ada, karena menyangkut Standar Pelayanan Minimal (SPM), tapi besaran bantuan per rumah dan mekanisme SPJ-nya harus diatur terlebih dahulu biar tidak ada masalah dikemudian hari,” kata Kepala Dinas PCKTRP Sanggau, Didit Richardi kepada wartawan, Jumat 17 Maret 2023.

Baca Juga: Pemkab Sanggau Siapkan Tim Terpadu Tertibkan Bangunan di Atas DAS

Didit sapaan akrabnya mengungkap belum bisa merealisasikan dalam waktu dekat. Hal itu disebabkan payung hukum berupa Peraturan Bupatinya (Perbup) sedang dalam proses pembuatan.

“Karena memang menyangkut besaran anggaran per rumah dan mekanisme pertanggung jawaban keuangannya. Semuanya nanti diatur di dalam Perbup,” ungkapnya.

Pernyataan Kepala Dinas PCKTRP Didit Richardi diperkuat oleh Pejabat fungsional Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Muda pada Dinas PCKTRP Sanggau, Albert Yokky. Albert mengungkapkan, bahwa anggaran yang tersedia di Dinasnya memang ada, akan tetapi untuk penanganan pasca bencana, bukan tanggap darurat, sementara untuk tanggap darurat tetap berada di BPBD Sanggau.

Baca Juga: 15 Desa di Sanggau Ikuti Desa Cerdas, 2 Diantaranya Sudah Siap

  • Bagikan