Urgensi Pencatatan Perkawinan, Berikan Ketenangan di Masyarakat

  • Bagikan
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan berfoto bersama saat meninjau proses Pencatatan Perkawinan dan Pengesahan Anak, di Aula Kantor Desa Lingga Kecamatan Sungai Ambawang. Foto: prokopim.kuburaya

HARIAN BERKAT –Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meninjau langsung proses Pencatatan Perkawinan dan Pengesahan Anak, di Aula Kantor Desa Lingga Kecamatan Sungai Ambawang, Kamis 16 Maret 2023.

Baca Juga: MK Tolak Permohonan Perkawinan Beda Agama, MUI: Sudah Final

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pelayanan Administrasi Nikah Terintegrasi SIAK (PANTAS), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kubu Raya yang diikuti sebanyak 30 pasangan suami istri (pasutri).

Bupati Muda mengatakan pencatatan perkawinan dilakukan ketika mereka sudah melaksanakan perkawinan di hadapan pemuka agama dan sah secara agama, namun belum dicatatkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Misalnya bagi pemeluk Kristen/Katolik, yang sudah kawin secara sah di gereja tapi belum dicatatkan, sehingga belum sah secara hukum.

Dengan tidak ada pencatatan tersebut maka perlindungan hukum yang terkait hak-hak bagi pihak perempuan menjadi sangat lemah,
begitu juga dengan anak yang terlahir dari pasangan suami istri tersebut.

“Begitu juga status anak masih ada catatan pinggir, tercantum anak ibu. Kegiatan ini menjadi upaya kita untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat, terutama dalam hal kepastian hukum atas perkawinan dan kelahiran anak-anaknya. Itulah yang kita kejar, karena ini bagian dari pelayanan untuk membahagiakan,” ungkap Muda usai meninjau kegiatan pencatatan perkawinan.

Baca Juga: Pemkab Kubu Raya Komitmen Kejar Zero Stunting

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Dukcapil juga melayani pencatatan ini sampai ke desa-desa, sehingga semua masyarakat Kubu Raya terlayani. Hal ini dilakukan supaya masyarakat memiliki status yang jelas, sehingga menciptakan suasana yang tenang dan tidak menimbulkan hal-hal negatif.

  • Bagikan