Doa Rasulullah Sambut Ramadhan Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi bulan Ramadhan/Pixabay

HARIAN BERKAT – Ramadhan merupakan bulan suci yang paling dinanti dengan banyaknya keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan lainnya. Karenanya, kaum Muslimin di seluruh dunia sangat antusias dalam menyambut Ramadhan.

Ada beberapa doa yang dapat dilafazkan menjelang Ramadhan. Di antaranya, doa yang dibaca Nabi Muhammad SAW ketika melihat hilal:

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

Allahu akbar, Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imaani, wassalaamati wal islaami, wattaufiii limaa tuhibbu wa tardha, rabbunaa wa rabbukallahu.

Baca Juga: Ini 5 Imam Salat Tarawih di Masjidil Haram Ramadhan Tahun Ini, Syeikh Suraim Pilih Istirahat

Artinya: “Allah Mahabesar, Ya Allah tampakkan hilal itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, serta taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.” (HR ad-Darimi no 1729, hadits serupa dengan sedikit perbedaan redaksi juga diriwayatkan Ahmad dan at-Tirmidzi)

Selain doa tersebut, ulama hadits kenamaan, Imam ath-Thabarani (w 360 H) dalam Kitab ad-Du’a di salah satu babnya, mengumpulkan sejumlah riwayat berisi doa-doa yang dibaca menjelang Ramadhan.

Pertama, dari ‘Ubadah bin ash-Shamith RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW mengajari para sahabat doa berikut saat Ramadhan tiba:

Baca Juga: Gus Baha Bagikan Tips Cara Persiapkan Diri Sambut Ramadhan

أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Allahumma salimni min ramadhana wa sallim ramadhana li wa tasallamhu minni mutaqabbalan

Artinya: “Ya Allah, sampaikan aku (dengan selamat menuju bulan) Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal ibadahku (di bulan) Ramadhan.”

  • Bagikan