Mau Tetap Sehat Selama Berpuasa Ramadhan? Berikut Tipsnya

  • Bagikan
Foto: ILustrasi merasa lemas saat berpuasa/PMJ

HARIAN BERKAT – Selama ibadah puasa Ramadhan, tubuh bisa tak mendapatkan asupan makan dan minum selama belasan jam. Perubahan jadwal makan ini perlu diimbangi dengan persiapan diri yang baik agar tubuh tetap sehat.

Presiden British Islamic Medical Association, dr Salman Waqar, mengatakan ada empat hal yang biasanya dia lakukan agar tetap sehat selama berpuasa Ramadhan.

Baca Juga: Dua Rukun Puasa Ramadhan Ini Wajib Dilakukan Muslim, Apa Saja?

Berikut keempat hal tersebut:

1. Hindari Makan Terlalu Cepat saat Berbuka
Setelah menahan lapar selama belasan jam, beragam hidangan berbuka puasa memang dapat terlihat sangat menggiurkan. Meski begitu, dr Waqar menganjurkan ummat Muslim untuk menahan diri dan menyantap menu berbuka secara perlahan.

Mengkonsumsi makanan terlalu cepat saat berbuka puasa bisa memunculkan keluhan seperti rasa kembung dan gangguan pencernaan.

Selain itu, pastikan menu berbuka puasa terdiri dari makanan bergizi seimbang. Dr Waqar juga menyarankan perbanyak asupan buah dan sayur serta sedikit mengurangi asupan karbohidrat sederhana seperti nasi putih atau roti putih.

2. Jangan Lewatkan Sahur
Sahur merupakan jadwal makan yang penting bagi ummat Muslim selama berpuasa Ramadhan. Selain disunnahkan, sahur dengan makanan yang bergizi dan berindeks glikemik rendah juga dapat membuat tubuh tetap berenergi selama puasa.

  • Bagikan