Dukung Pembangunan Transmigrasi, Kubu Raya Raih Penghargaan Kementerian Desa

  • Bagikan
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menerima piagam penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia sebagai Kepala Daerah yang Mendukung Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi. Foto: prokopim.kuburaya

HARIAN BERKAT –Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menerima piagam penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia sebagai Kepala Daerah yang Mendukung Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi dengan Indeks Perkembangan Kawasan Transmigrasi Status Mandiri.

Baca Juga: Berhasil Turunkan Stunting 27,6 Persen, Pemkab Kubu Raya Raih Penghargaan BKKBN

Piagam penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar pada Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Transmigrasi Tahun 2023 di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Selasa 16 Mei 2023.

“Tentu penghargaan ini kita apresiasi dan yang terpenting adalah apa yang sudah dilakukan dan berjalan selama ini terus berlangsung dengan baik,” ucap Bupati Muda Mahendrawan seusai kegiatan.

Muda menilai program transmigrasi sangat positif dalam membangun daerah dan menyejahterakan masyarakat. Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk memandang transmigrasi dengan perspektif yang positif.

Sebab menurutnya, telah banyak bukti dari berbagai daerah di Indonesia yang berkembang dan maju dikarenakan adanya program transmigrasi.

“Nah, persepsi kita terhadap transmigrasi itu harus tepat. Jangan melihatnya secara berbeda. Karena justru transmigrasi itu memantik daerah untuk berkembang dengan baik. Bisa dilihat bukti-bukti di berbagai daerah di Indonesia yang bahkan mampu menjadi kabupaten sendiri, misalnya sejumlah daerah di Sumatra,” ajaknya.

Muda melanjutkan, transmigrasi juga sangat strategis dalam menekan kesenjangan karena dapat mengurangi penumpukan khususnya di pulau Jawa. Trasmigrasi, menurutnya, merupakan solusi untuk memberdayakan masyarakat.

“Jadi transmigrasi tidak membebani tapi justru memberdayakan dan membuat masyarakat menjadi produktif. Seperti beberapa kabupaten di Kalimantan Barat, misalnya, itu luar biasa perkembangannya dengan adanya transmigrasi,” terangnya menambahkan.

Baca Juga: Dorong Pembangunan Wilayah Transmigrasi Melalui Program di Kementerian Desa PDTT

  • Bagikan