Minum Air Putih 1 Liter Lebih Sehari Bisa Cegah Diabetes Tipe 2

  • Bagikan
Ilustrasi minumair putih/Foto: Pixabay

HARIAN BERKAT – Tak hanyan dapat menghidrasi tubuh, minum air putih ternyata dapat membantu mencegah seseorang terkena diabetes tipe 2. Efek pencegahan ini bisa dirasakan bila air putih diminum lebih dari satu liter sehari.

“Minum lebih banyak air putih merupakan cara terbaik untuk membantu ginjal menurunkan kadar gula darah dan mencegah dehidrasi,” ungkap Dokter Deborah Lee dari Dr Fox Online Pharmacy, Rabu 5 Juli 2023.

Baca Juga: Ini Lima Tanda Anda Kurang Minum Air Putih

Lee menjelaskan, kadar gula yang tinggi di dalam darah dapat membuat ginjal bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan gula darah atau glukosa. Kondisi ini dapat membuat penderitanya berkemih lebih sering dan merasa lebih haus dari biasanya.

“Individu dengan kadar glukosa darah yang tinggi cenderung lebih mungkin mengalami dehidrasi, itu bisa semakin meningkatkan konsentrasi glukosa di aliran darah,” terangnya.

Dengan menambah asupan air putih, lanjut Lee, bisa membawa manfaat bagi pengelolaan kadar gula darah. Selain itu, konsumsi air putih yang cukup setiap hari juga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Pernyataan ini didasarkan pada sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Diabetes Care pada 2011. Studi ini melibatkan 3.614 pria dan wanita berusia paruh baya sebagai partisipan.

  • Bagikan