Makanan-makanan Ini Bisa Dijadikan Pengganti Nasi Bagi Penderita Diabetes

  • Bagikan
Foto: ILustrasi Diabetes/Pixabay

Baca Juga: Peneliti: Vitamin K Bisa Cegah Diabetes

3. Kembang Kol
Kembang kol milik keluarga sayuran silangan yang meliputi brokoli, kubis, dan kubis brussel. Alternatif nasi rendah karbohidrat dan rendah kalori ini tidak memiliki rasa yang kuat dan oleh karena itu berfungsi sebaik nasi dalam banyak resep.

Kembang kol juga cocok untuk mereka yang sedang menjalani diet keto atau orang dengan intoleransi gluten. Kembang kol bisa menjadi pengganti nasi dengan cara mencacah hingga teksturnya menyerupai nasi.

4. Brokoli
Mirip dengan kembang kol, brokoli juga bisa menjadi alternatif nasi yang tepat untuk seseorang yang mengikuti diet rendah karbohidrat atau rendah kalori. Brokoli mempunyai antioksidan yang kuat, efek anti-inflamasi dan melawan kanker.

5. Kubis
Kubis adalah sayuran silangan lain yang bisa digunakan sebagai alternatif nasi. Orang biasanya mencacahnya hingga halus menggunakan food processor atau dengan tangan.

Baca Juga: Catat! Berikut 6 Gejala yang Dirasakan Penderita Diabetes

Sayuran ini rendah kalori dan karbohidrat. Kubis juga kaya akan vitamin dan mineral. Sayuran ini kaya akan kalsium, senyawa bioaktif, dan vitamin C dan E. Bukti menunjukkan kubis dapat melindungi dari kolesterol tinggi, masalah hati, pankreatitis, dan penyakit jantung.

  • Bagikan