Pemkab Kubu Raya Terus Kembangkan Pusat Belajar Guru

  • Bagikan
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menerima cinderamata pada kegiatan Konferensi Guru dan Pameran Pusat Belajar Guru (PBG) Kabupaten Kubu Raya di Hotel Dangau Selaras, Kubu Raya. Foto: prokopim.kuburaya

HARIAN BERKAT –Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) menggelar Konferensi Guru dan Pameran Pusat Belajar Guru (PBG) Kabupaten Kubu Raya di Hotel Dangau Selaras, Kubu Raya, Kamis 12 Oktober 2023.

Baca Juga: Satuan Pendidikan Non Formal Beri Akses Warga Peroleh Pendidikan, Komitmen Pemerataan Pendidikan

Konferensi tersebut mengangkat tema “Menginspirasi Pendidikan Berkualitas di Kubu Raya Melalui Partisipasi, Inovasi, dan Praktik Baik dalam Kelas Merdeka”.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menerangkan Pusat Belajar Guru (PBG) adalah sebuah program pendidikan dan pelatihan khusus yang digelar selama tiga tahun mulai 2021-2023.

PBG diikuti 35 guru terbaik di Kubu Raya yang disiapkan untuk menjadi tenaga ahli, pelatih, atau mentor yang nantinya siap berbagi ilmu dan praktik baik.

Muda mengatakan PBG adalah inisiatif dan inovasi yang telah dipayungi dengan regulasi Peraturan Bupati Kubu Raya Nomor 15 Tahun 2023 tentang Pusat Belajar Guru Kabupaten Kubu Raya.

“Sehingga program ini bisa terus dilaksanakan dan dikembangkan karena ini merupakan kebijakan yang dilakukan pada APBD tahun 2024 mendatang. Inovasi ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kapasitas tenaga pendidik di Kabupaten Kubu Raya. Guru inti PBG adalah upaya percepatan Pemkab Kubu Raya untuk menyambut pemberlakuan Kurikulum Merdeka secara nasional pada Juli 2024 mendatang,” terang Muda.

Baca Juga: Rutin Gelar Seminar Parenting, Bupati Muda Apresiasi Sekolah Quran Al Karima

Muda menegaskan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus berupaya memberikan peluang dalam mentransformasi proses Kurikulum Merdeka dan Guru Penggerak dalam mewujudkan PBG Kubu Raya yang berkualitas dan mendunia.

“Dari situlah kami melihat di Putra Sampoerna Foundation (PSF) mempunyai peluang untuk mewujudkan PBG. Untuk itulah, Pemkab Kubu Raya menjalin kerja sama dengan PSF untuk meningkatkan kualitas dan praktik baik guru-guru di Kubu Raya,” ujar Muda.

  • Bagikan