Kubu Raya Dukung Upaya Restorasi Gambut

  • Bagikan
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat membuka kegiatan Diskusi Kelompok Terfokus (FGD) Penyusunan Rencana Aksi Bersama Model Restorasi Gambut Sistematis dan Terpadu pada Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) Sungai Punggur Besar-Sungai Kapuas, di Hotel Mercure Pontianak.Foto: prokopim.kuburaya

HARIAN BERKAT –Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pemerintah terus melakukan upaya pemulihan ekosistem gambut yang terdegradasi.

Baca Juga: Benarkan Tanaman Kopi Liberika Bisa Tumbuh di Lahan Gambut

Hal itu dilakukan guna mengembalikan fungsi ekologi lahan gambut. Khususnya di Kabupaten Kubu Raya yang wilayah gambutnya sangat luas.

“Bagaimana agar yang sudah terlanjur rusak itu bisa kita pulihkan. Adapun yang masih berpotensi terancam kerusakan, ini yang perlu kita kawal dan antisipasi supaya tidak terjadi kerusakan,” kata Muda Mahendrawan saat membuka kegiatan Diskusi Kelompok Terfokus (FGD) Penyusunan Rencana Aksi Bersama Model Restorasi Gambut Sistematis dan Terpadu pada Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) Sungai Punggur Besar-Sungai Kapuas, Jumat 27 Oktober 2023, di Hotel Mercure Pontianak.

Muda menerangkan upaya restorasi gambut tidak saja dengan upaya-upaya teknis, tapi juga melalui pemberdayaan masyarakat. Di mana masyarakat diedukasi untuk bisa bertani di lahan gambut tanpa membakar.

“Sehingga masyarakat tidak bingung mau ngapain. Lahan bisa dimanfaatkan dengan cara-cara yang bijak dan bisa menumbuhkan ekonominya,” jelasnya.

Muda mengungkapkan forum diskusi yang digelar Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) RI itu secara khusus membahas upaya optimalisasi restorasi gambut di KHG Sungai Punggur Besar-Sungai Kapuas.

Baca Juga: Lahan Gambut Terbakar Dekat Pemukiman Warga

Penulis: prokopim.kuburaya
  • Bagikan