Optimalisasi Peran Posyandu dalam Penanganan Stunting

  • Bagikan
Posyandu
Ketua Umum TP PKK, Tri Tito Karnavian dan Rombongan didampingi Pj Gubernur Kalbar, Harisson dan Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson melaksanakan Kunjungan Kerja pertamanya Posyandu Pelangi Ceria Kota Pontianak. FOTO : Pemprov Kalbar

Sementara itu, Ketua Umum PKK, Ny. Tri Tito Karnavian mengatakan bahwa selain sebagai Ketua PKK Wilayah juga sebagai Ketua Posyandu. Dirinya menegaskan bahwasanya Kader PKK merangkap sebagai kader Posyandu dan selama ini dikenal Posyandu hanya melayani pelayanan kesehatan masyarakat saja, namun seyogyanya Posyandu dapat mengakomodir kegiatan – kegiatan positif lain dalam membina masyarakat.

Baca Juga : TP PKK Pusat Bersama TP PKK Provinsi Kalbar Kunjungi LPP Kelas IIA Pontianak

“Mudah-mudahan dengan adanya nomenklatur baru, kita akan juga mempunyai program-program yang bisa menyentuh masyarakat melalui Posyandu dan tidak hanya melayani kesehatan dasar masyarakat,” harapnya.

Disampaikannya, terkait masalah stunting di Indonesia saat ini memang masalah isu nasional dan target Pemerintah di Tahun 2024 prevelensi dari stunting harus mencapai 14 persen di Tahun 2024.

“Tidak sampai satu tahun lagi untuk dicapai tahun 2024, apakah ini bisa dicapai atau tidak target ini ya tergantung kita sendiri. Sebetulnya penyebaran anak-anak yang menderita stunting ini kan tidak dalam satu lokus sampai satu kelurahan ada 2000, mungkin satu kelurahan ada 15 nah padahal ini secara logika, masa sih Penggerak PKK ataupun Perangkat di kelurahan, desa tersebut tidak bisa mengatasi jumlah anak-anak yang menderita stunting,” jelasnya.

Oleh karenanya, tanggung jawab seluruh stakeholder saat ini untuk mewariskan generasi yang tangguh untuk menghadapi tantangan dimasa depan dengan bersama-sama untuk mengatasi masalah kesehatan kepada generasi yang akan datang yaitu salah satunya anak-anak penderita stunting serta mempersiapkan dan mensosialisasikan kepada para remaja.

Baca Juga : TP PKK Pusat Nilai Pilot Project Pencegahan Stunting Dua Kelurahan di Pontianak

“Jadi remaja putri itu harus kita siapkan karena mereka calon-calon ibu yang akan melahirkan generasi-generasi baru ke depannya,” tambahnya.***

  • Bagikan