Ubah Stigma Negatif, Penambang Sampan Kampung Beting Bentuk Koperasi

  • Bagikan
koordinasi lanjutan pembentukan koperasi para penambang sampan dalam bentuk Focus Group Discussion

HARIAN BERKAT – Guna mengubah stigma negatif yang selama ini melekat terhadap Kampung Beting yang berada di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, perkumpulan Masyarakat Sungai Indonesia dan Gemawan, melakukan koordinasi lanjutan pembentukan koperasi para penambang sampan dalam bentuk Focus Group Discussion (FGS).

Kegiatan yang berlangsung di aula Bappeda Kota Pontianak, Kamis 9 November 2023 ini menggandeng Universitas Tanjungpura Pontianak dan Universitas Muhammadiyah Pontianak, yang diharapkan dapat membawa pengembangan usaha produktif menuju kemandirian ekonomi masyarakat Kampung Beting.

Apalagi, hingga saat ini, masyarakat Kampung Beting terus berusaha untuk memerangi penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Sebab dampak yang ditimbulkan sangat merugikan bagi semuanya, Bahkan merusak sendi-sendi kehidupan.

Salah satunya adalah dengan membentuk Koperasi Penambang Sampan yang saat ini sudah beranggotakan sebanyak 44 orang.

Ketua Masyarakat Sungai Indonesia, Gusti Hendra Lamhuddin mengatakan, pembentukan Koperasi Penambang Sampan Kampung Beting ini, sebagai bentuk pengembangan usaha produktif menuju kemandirian ekonomi masyarakat Kampung Beting.

BACA JUGA : Wabup Kapuas Hulu Buka Pelatihan Pengelolaan Koperasi DKUKMP

“Apalagi rencananya ada tujuh unit usaha yang akan dikelola oleh Koperasi Penambang Sampan ini,  diantaranya usaha kantin, pertukangan, wisata dan lainnya,” ungkap Gusti Hendra.

  • Bagikan