Waspada, Minum Kopi Setelah Makan Siang Berbahaya untuk Kesehatan

  • Bagikan
Kopi
Ilustrasi minuman kopi. Foto: pixabay

2. Merusak Gigi
Penyerapan mineral bisa terhambat akibat minum kopi setelah makan. Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang penyerapannya terhambat. Tubuh pun malah akan membuang kalsium itu melalui keringat dan urine.

Sementara, kalsium menjadi salah satu mineral yang dibutuhkan oleh gigi. Jika asupan kalsium tidak terpenuhi dalam waktu yang lama, hal tersebut bisa membuat gigi lebih rapih, kekuningan, dan iritasi gusi.

3. Kulit Kering
Kopi bisa menghambat penyerapan nutrisi makanan, termasuk zat besi. Jika tubuh tidak memperoleh zat besi yang cukup, kesehatan kulit bisa terganggu. Salah satu efek yang bisa terjadi adalah kulit wajah tampak lebih kering dari biasanya.

Efek yang lain adalah bisa memicu munculnya kerutan pada wajah atau membuat kerutan jadi lebih terlihat. Minum kopi juga bisa membuat Anda lebih sering buang air kecil. Hal ini bisa membuat Anda dehidrasi dan efeknya adalah kulit jadi lebih kering.

4. Kerontokan Rambut
Meminum secangkir kopi langsung setelah makan akan mengurangi penyerapan banyak elemen penting, berdampak pada tubuh dalam banyak hal, dan juga dapat memengaruhi rambut.

Baca Juga: Tips Minum Kopi Untuk Penderita GERD

Ketika tubuh kekurangan zat besi, darah akan lebih sulit membawa oksigen yang memperbaiki sel-sel di tubuh yang merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini, memengaruhi kesehatan kulit kepala dan menyebabkan kerontokan rambut.

  • Bagikan