Ini 7 Khasiat Minum Air Putih Sebelum Ngopi, Yuk Dicoba!

  • Bagikan
Ilustrasi air kopi/Foto: Pixabay

Seperti diketahui, rasa kopi bakal lebih enak dan maksimal saat kamu ‘menyingkirkan’ rasa lain dari mulut terlebih dulu. Air putih ini bisa diminum dalam kondisi apapun, baik dingin, suhu ruang, maupun panas.

4. Cegah efek naiknya kortisol

Saat minum kopi, kadar kortisol yang membantu tubuh merasa waspada dan terjaga bakal naik. Namun efek sampingnya, kamu mungkin merasa stress dan cemas.

Dalam hal ini, diperlukan minum beberapa gelas air putih sebagai bahan bakar untuk membuat tubuh siap menghadapi efek tersebut. Minum air putih sebelum ngopi juga membuat metabolisme, fokus, dan energi kamu meningkat lebih baik.

5. Menghidrasi tubuh

Manfaat penting lain dari minum air putih sebelum ngopi adalah menghidrasi tubuh dan melawan efek buruk dari dehidrasi. Efek tersebut mencakup perasaan lelah, sakit kepala, pusing, dan linglung. Pada efek terparah, dehidrasi dapat memicu ragam masalah kesehatan termasuk hipertensi, batu ginjal, dan obesitas.

Dehidrasi saat minum kopi mungkin terjadi karena kafein bersifat diuretik. Artinya, tubuh terstimulasi untuk buang air kecil lebih sering. Pakar menyarankan minum 500-800 ml air putih sebelum minum cairan apapun, termasuk kopi.

6. Memuaskan dahaga

Banyak orang minum kopi pada pagi hari karena haus. Minum air akan menghilangkan dahaga tersebut sehingga membantu kamu menghindari konsumsi kopi berlebihan.

7. Meminimalisir efek buruk kafein

Minum air putih sebelum ngopi membantu meminimalisir efek buruk kafein yang biasanya terjadi 25 menit setelah minum kopi. Sebutannya caffein crash yang disebabkan oleh bahan kimia bernama theobromine. Biasanya efek yang ditimbulkan adalah perasaan lelah.

Baca Juga: Tips Minum Kopi Untuk Penderita GERD

Minum air putih mencegah hal itu sehingga kamu lebih produktif sepanjang hari. Efek kafein yang positif pun bisa terasa lebih maksimal saat kamu minum air putih dulu sebelum ngopi.

  • Bagikan