Kompetisi Video Anti Hoax Pemilu, Dorong Kreativitas Masyarakat Menyebarkan Informasi yang Benar dan Akurat

  • Bagikan
hoax
Hoax Crisis Center (HCC) Indonesia menggelar kompetisi video anti hoax Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. FOTO : (*)

HARIAN BERKAT – Hoax Crisis Center (HCC) Indonesia menggelar kompetisi video anti hoax Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kompetisi ini digelar untuk menekan lajunya informasi hoax di tengah berjalannya tahapan pesta demokrasi 2024.

“Kompetisi ini bertujuan untuk membangun kesadaran publik akan bahaya hoax dalam pemilu dan mendorong masyarakat untuk lebih kritis dalam menyaring informasi yang mereka terima,” ungkap Arniyanti Ketua Panitia kompetisi video anti hoax pemilu.

Arniyanti mengatakan pemilu merupakan pilar utama dalam sistem demokrasi, di mana masyarakat memiliki peran kunci dalam menentukan arah kebijakan negara. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, fenomena penyebaran berita palsu atau hoax secara massif telah menjadi ancaman serius terhadap integritas dan keberlangsungan proses demokrasi.

Baca Juga : Fojekha Berkolaborasi Bersama TRI Berikan Literasi Digital Bagi Gen-Z Pontianak

Arniyanti menyatakan bahwa perkembangan teknologi informasi dan penetrasi media sosial menjadikan penyebaran hoax semakin cepat dan meresahkan.

“Dalam konteks Pemilu, ancaman ini semakin nyata karena berpotensi mempengaruhi persepsi masyarakat, mengarahkan opini publik, dan bahkan memengaruhi hasil suara,” kata Arniyanti.

Kompetisi video anti hoax pemilu yang diadakan oleh Hoax Crisis Center (HCC) Indonesia ini terbuka untuk semua kalangan masyarakat, terutama generasi muda yang memiliki potensi besar dalam mempengaruhi opini publik melalui media sosial.

Peserta diharapkan untuk membuat video pendek yang menyoroti bahaya dan dampak negatif dari penyebaran hoax dalam konteks pemilu. Adapun tema lomba yakni “Lawan Hoax di Pemilu 2024, Hari Gini Masih Percaya Hoax”.

  • Bagikan