Bapenda Kalbar Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan, Gelar Rapat Pembinaan dan Evaluasi Pelayanan Samsat

  • Bagikan
Kalbar
Foto bersama peserta rapat pembinaan dan evaluasi pelayanan Samsat se Kalbar yang diadakan Bapenda Kalbar di Hotel Mercure. FOTO : PPID Bapenda Kalbar

HARIAN BERKAT – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kalbar menggelar rapat pembinaan dan evaluasi pelayanan Samsat se Kalbar di Hotel Mercure, Selasa 28 November 2023. Kegiatan yang diikuti oleh unsur-unsur terkait dalam pelayanan Samsat itu, dibuka langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bapenda Kalbar Hisamudin.

Dalam sambutannya, Hisamudin mengungkapkan, sejak awal kehadiran pelayanan samsat adalah dalam rangka memudahkan masyarakat melakukan proses pembayaran, serta pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dan Bea Balik Nama Kendaan Bermotor (BBNKB).

Kemudian, termasuk pula Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), seperti biaya administrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Juga asuransi Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), yang semua itu dilaksanakan secara terpadu dalam satu atap.

Baca Juga : Optimalisasi Penerapan Digitalisasi Pembayaran Pajak Daerah, Optimalkan Pelayanan Pajak

“Oleh karena itu unsur dalam Samsat yakni Kepolisian, Bapenda Kalbar, Jasa Raharja ditambah unsur Bank Kalbar, tentu harus terus membangun sinergi, komunikasi, dan koordinasi. Sehingga dapat tercipta keterpaduan, dan kekompakan guna menghadirkan pelayanan yang terbaik dan berkualitas kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dalam konteks pelayanan publik menurutnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan menjadi indikator keberhasilan atas pelayanan yang diselenggarakan. Dalam hal ini, Wajib Pajak (WP) yang datang ke Samsat, baik perorangan maupun badan usaha, dapat dikategorikan sebagai masyarakat yang memiliki kesadaran, dan patuh untuk melaksanakan kewajiban perpajakan. Oleh sebab itu, Hisamudin mengatakan sudah sewajarnya, pihaknya sebagai penyelenggara pelayanan publik memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“WP tersebut tentu menginginkan adanya pelayanan yang baik, cepat, dan mudah, sehingga mereka akan dengan senang hati melunasi semua yang menjadi kewijaban, baik untuk melalukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, melakukan registrasi kendaraan, serta membayar asuransi kendaraan bermotor yang dimiliki. Pada akhirnya WP tersebut ikut berkontribusi, dan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan program pemerintah,” pungkasnya.

  • Bagikan