Ini Lima Bahaya Mengonsumsi Minuman Soda Setiap Hari

  • Bagikan
Ilustrasi minuman soda/Foto: PIxabay

HARIAN BERKAT – Sebanyak 63 persen orang dewasa di negara AmerikaSerikat itu menyetakan mereka mengonsumsi setidaknya satu minuman soda setiap hari.

Padahal, sejumlah studi menyarankan untuk menghindari minum soda setiap hari. Pasalnya, minuman ini memiliki efek negatif yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Baca Juga: Riset : Jangan Sering Minum Soda Dingin karena Bisa Picu Demensia

“Soda menimbulkan banyak risiko kesehatan karena komposisinya,” kata Kelsey Costa seorang ahli diet terdaftar dan spesialis penelitian kesehatan yang berbasis di AS,

Menurut Costa, soda mengandung tambahan gula, biasanya dalam bentuk sirup jagung fruktosa tinggi. Kebanyakan kaleng soda yang memiliki berat 1,2 kilogram mengandung 10-12 sendok teh (39-49 gram) atau dua kali lipat dari batas harian yang direkomendasikan.

“Asupan gula tambahan yang tinggi dikaitkan dengan banyak dampak buruk bagi kesehatan, mulai dari peningkatan berat badan dan risiko peradangan hingga kondisi kesehatan mental dan kanker,” tuturnya.

Berikut dampak buruk yang terjadi pada tubuh jika minum soda setiap hari:

1. Berat Badan Naik
Setiap kaleng soda mengandung sekitar 150 hingga 200 kalori, terutama dari tambahan gula. Hal ini dapat menyebabkan surplus kalori jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik, yang mengakibatkan penambahan berat badan seiring berjalannya waktu.

Pada Mei 2020, International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity menerbitkan penelitian yang menemukan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan saat waktu senggang tidak mampu mengimbangi kenaikan berat badan akibat mengonsumsi minuman bersoda.

  • Bagikan