Sekda Sanggau Buka Bimtek PUG dan PPRG

  • Bagikan
Foto: Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka

HARIAN BERKAT – Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka membuka kegiatan advokasi kebijakan dan pendampingan pelaksanaan Pengenalan Konsep Gender, PUG (Pengarusutamaan Gender), Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) melalui bimbingan teknik (Bimtek) penganggaran dan perencanaan responsif gender Kabupaten Sanggau tahun 2023. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan Sanggau itu dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sanggau, Selasa 28 November 2023.

Baca Juga: DBMSDA Sanggau Optimis Target Jalan Mantap di Sanggau di Atas 50 Persen hingga Akhir 2023

Dijelaskan Sekda Kukuh, tujuan dari anggaran yang responsif ini untuk mengakomodasikan keadilan bagi perempuan dan laki-laki dalam memperoleh akses manfaat dan kontrol dari program pembangunan serta berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan terhadap kesempatan dalam memilih dan menikmati hasil pembangunan melalui kebijakan, program dan kegiatan pemeritnah dari tahapan perencanaan sampai dengan monitoring dan evaluasi.

“Upaya pengarustamaan gender dalam pembangunan telah tersirat dalam rencana pembangunan jangka panjang tahun 2005 – 2025. Selain itu, Pancasila sebagai falsafah hidup berbangsa dan bernegara tidak membuat perbedaan antara laki-laki dan perempuan, yang dinyatakan bahwa setiap warga negara mempunyai status, hak dan kewajiban, serta kesempatan yang sama di dalam keluarga dan masyarakat,” kata Kukuh Triyatmaka.

  • Bagikan