Komunitas Berkontribusi dalam Pembangunan, Rumah Komunitas Pontianak Gelar Jambore Relawan

  • Bagikan
Komunitas
Wali Kota Pontianak Edi Kamtono berfoto bersama komunitas yang tergabung dalam Rumpon. FOTO : prokopim

HARIAN BERKAT – Keberadaan komunitas-komunitas di Kota Pontianak diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan di Kota Pontianak. Sejumlah komunitas yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari lingkungan, kesehatan, seni, ekonomi kreatif serta relawan sosial tergabung dalam Rumah Komunitas Pontianak (Rumpon) menggelar Jambore Relawan selama dua hari, 2-3 Desember 2023.

Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono mengatakan, banyak persoalan yang harus diselesaikan dengan berkolaborasi bersama komunitas-komunitas dan relawan.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa bersinergi dengan komunitas yang ada di Kota Pontianak dalam menuntaskan persoalan-persoalan di lapangan. Misalnya dengan melibatkan Rumpon yang merupakan gabungan dari berbagai komunitas, diundang dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Kemudian melibatkan Rumpon untuk bersama-sama membersihkan lingkungan pada berbagai momentum.

Baca Juga : Pontianak Kembali Pimpin IPM Tertinggi di Kalbar, BPS Kalbar Rilis IPM Kota Pontianak 81,63

“Ini yang saya maksudkan kemanfaatan dari komunitas, tidak hanya sekadar formalitas, tetapi di lapangan keberadaan dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya saat membuka Jambore Relawan Rumpon di Rusunawa Untan, Sabtu 2 Desember 2023.

Edi berpesan kehadiran komunitas di Kota Pontianak terus dibina dan dilibatkan dalam berbagai kegiatan, terutama kegiatan-kegiatan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam pembangunan. Inisiatif-inisiatif yang dibangun komunitas akan menjadi penggebrak untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

“Energi dan semangat penggiat komunitas harus menginspirasi semangat anak-anak muda untuk bersama-sama membangun kota ini,” ungkapnya.

Ketua Rumpon Ario Sabrang menerangkan, Jambore Relawan digelar selama dua hari. Komunitas yang sudah teregistrasi pada Jambore Relawan sebanyak 30 komunitas.

“Hari ini dimulainya Jambore Relawan dengan agenda diskusi, rapat divisi untuk pembentukan divisi-divisi di Rumpon,” katanya.

Penulis: Khanza Aqila Putrianto
  • Bagikan