Ini Sederet Tips Menjaga Kesehatan Otak, Peneliti: Perbanyak Makanan Berserat

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi otak manusia/PMJ

HARIAN BERKAT – Otak salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia. Organ ini memiliki peranan yang sangat penting, mulai dari mengatur ingatan, mood, motorik tubuh, hingga fungsi-fungsi organ lainnya.

Karenanya, penting untuk senantiasa menjaga kesehatan otak. Bila fungsinya menurun, maka dapat menyebabkan gangguan yang menghambat aktivitas, seperti pikun, demensia, dan bahkan alzheimer.

Baca Juga: Studi: Berolahraga Secara Aktif Bisa Jaga Kesehatan Otak

Menjaga kesehatan otak sebenarnya tidaklah sulit. Faktanya, kesehatan otak amat dipengaruhi oleh kebiasaan dan pola makan yang dijalani sehari-hari.

Berikut sederet hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak, antara lain:

1. Perbanyak konsumsi makanan berserat

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan otak. Sebab, makanan mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak, salah satunya adalah serat.

Ahli nutrisi mengatakan, serat dapat membantu kita terhindar dari risiko depresi. Serat dapat dengan mudah diperoleh dari makanan nabati, seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh (whole grains).

“Langkah pertama yang mudah adalah dengan menambahkan serat dalam makanan sehari-hari,” ujar ahli nutrisi.

2. Rutin berolahraga

Olahraga biasanya diasosasikan dengan kesehatan fisik. Namun, aktivitas yang baik untuk kardiovaskular juga memberikan efek yang sama terhadap otak.

“Apapun yang dapat memacu detak jantung setidaknya selama 30 menit, empat sampai lima kali dalam seminggu, baik untuk kesehatan otak. Olahraga tidak hanya meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, tapi juga merangsang pelepasan berbagai zat kimia yang dapat melindungi otak,” ujarnya.

3. Tidur yang cukup dan berkualitas

Kualitas dan waktu tidur juga menjadi hal sederhana yang dapat memengaruhi kesehatan otak, orang-orang dengan gangguan tidur, seperti sleep apnea, memiliki risiko tinggi mengalami penurunan ingatan 10 tahun lebih cepat.

“Bagi kebanyakan orang, otak yang sehat membutuhkan sekitar tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam,” terangnya.

  • Bagikan