Ini Sederet Hal yang Harus Dilakukan saat Biduran Kambuh, Diantaranya Hindari Menggaruk Kulit

  • Bagikan
Ilustrasi biduran/Foto: Pixabay

HARIAN BERKAT – Penyakit kulit yaitu biduran biasanya ditandai dengan ruam merah, gatal, dan bengkak yang dapat berubah bentuk. Ruam ini biasanya merupakan reaksi alergi terhadap makanan tertentu, obat-obatan, gigitan serangga, paparan panas atau dingin, stres, maupun faktor lingkungan.

Biduran biasanya muncul di area kulit manapun, termasuk wajah, telinga, leher, dan seluruh tubuh. Meskipun tergolong kondisi penyakit ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya, biduran yang berkelanjutan dapat menjadi biduran kronis yang memerlukan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Ini Sederet Jenis Alergi pada Kulit dan Penyebabnya, Diantaranya Biduran

Ketika mengalami biduran, sistem imunitas tubuh mengeluarkan histamin sebagai pertanda bahwa terdapat zat asing dalam tubuh. Histamin ini memiliki fungsi penting untuk terlibat dalam reaksi alergi yang dapat menyebabkan kulit gatal.

Berikut sederet hal yang perlu dilakukan saat biduran kambuh, antara lain:

1. Hindari faktor pemicu alergi

Biduran terjadi karena dipicu oleh alergi terhadap faktor tertentu seperti makanan maupun lingkungan. Identifikasi faktor pemicu alergi dan hindari hal tersebut agar ruam-ruam di kulit tidak menyebar.

2. Hindari menggaruk kulit

Ruam-ruam merah yang merupakan reaksi terhadap alergi dapat memberikan sensasi gatal. Meskipun begitu, jangan menggaruknya, ya! Menggaruk area yang terkena biduran akan menimbulkan iritasi dan peradangan kulit.

3. Konsumsi obat antihistamin

  • Bagikan