Menag Terbitkan SE Panduan Ibadah Ramadan-Idul Fitri, Salah Satunya Mengatur Volume Pengeras Suara

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi bulan Ramadan/Pixabay

HARIAN BERKAT – Kementerian Agama RI telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2024 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1445 H/2024 M.

Dalam SE yang ditandatangani pada 26 Februari 2024, salah satunya mengatur volume pengeras suara diatur sesuai dengan kebutuhan, dan paling besar 100 dB (seratus desibel).

Baca Juga: Kemenag Kerahkan 500 Dai ke Pedalaman selama Ramadhan

Khusus terkait syiar Ramadan, edaran ini juga mengatur agar penggunaan pengeras suara di bulan Ramadan baik dalam pelaksanaan Salat Tarawih, ceramah/kajian Ramadan, dan tadarrus Alquran menggunakan Pengeras Suara Dalam.

Berikut ketentuan lengkap Edaran Menag tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2024, seperti dilihat dari laman resmi Kemenag, Kamis 7 Maret 2024.

1. Umat Islam diimbau untuk tetap menjaga ukhuwah islamiyah dan toleransi dalam menyikapi potensi perbedaan penetapan 1 Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

2. Umat Islam melaksanakan ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri sesuai dengan syariat Islam dan menjunjung tinggi nilai toleransi.

3. Umat Islam dianjurkan untuk mengisi dan meningkatkan syiar pada bulan Ramadan dengan tetap mempedomani Surat Edaran Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala.

  • Bagikan