Gerakan Inklusi Sosial Perpus Pontianak Jadi Percontohan

  • Bagikan
Pontianak
Perpustakaan Pontianak telah menjadi mitra Perpusnas untuk menjalankan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). FOTO : (*)

HARIAN BERKAT – Perpustakaan Nasional Indonesia akan menjadikan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) Perpustakaan Kota Pontianak sebagai percontohan untuk dipaparkan dalam kegiatan Colombo Plan.

Tahun lalu ajang ini diikuti enam negara dan tahun ini jumlahnya akan bertambah. Perwakilan Perpusnas telah berkunjung ke Perpus Pontianak pada Rabu 6 Maret 2024. Selain Pontianak, Perpustakaan Maros dan Perpustakaan Jepara juga jadi lokasi tujuan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pontianak Rendrayani menerangkan sejak tahun 2022, Perpustakaan Pontianak telah menjadi mitra Perpusnas untuk menjalankan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Baca Juga : Perpustakaan Pontianak Hadirkan Inovasi Pojok Persiapan Tes

Program ini diharapkan mentransformasi perpustakaan umum menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraannya.

“Kami pun menyelenggarakan sejumlah kegiatan inklusi sosial yang tidak hanya melibatkan pelajar, tapi juga ibu rumah tangga dan organisasi masyarakat,” ujarnya.

Pontianak
Perpustakaan Pontianak telah menjadi mitra Perpusnas untuk menjalankan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). FOTO : (*)

Kegiatan inklusi sosial itu melibatkan tim penggerak PKK kecamatan dan kelurahan, mengaktifkan enam rumah dongeng se Pontianak, yang diadvokasi langsung dari Bunda PAUD Kota Pontianak dan Bunda PAUD kecamatan.

  • Bagikan