Sejumlah Kota-kota Besar China Mengalami Penurunan Tanah, Ini Penyebabnya

  • Bagikan
Ilustrasi bendera China/Foto: Pixabay

HARIAN BERKAT – Sebuah penelitian menyebutkan jika sejumlah kota-kota besar di China mengalami penurunan tanah disebabkan ekstraksi air dan kenaikan beban bangunan dari perluasan kota yang berlangsung cepat.

Beberapa kota mengalami penurunan tanah secara cepat, satu dari enam kota mengalami penurunan melebihi 10 mm per tahun.

Baca Juga: Terbukti Menerima Suap, Bekas Bos Sepakbola China Dibui Seumur Hidup

Urbanisasi super cepat di China beberapa dekade terakhir menyebabkan semakin banyak air tanah disedot untuk memenuhi kebutuhan warganya, kata para ilmuwan.

Di kota-kota yang terletak di pesisir, subsidensi ini – tenggelamnya tanah disebabkan pergerakan material di bawah tanah – memgancam kehidupan jutaan orang dengan banjir karena permukaan air laut naik.

China memiliki sejarah panjang menghadapi masalah subsidensi tanah, di mana kota Shanghai dan Tianjin menunjukkan bukti-bukti pernah mengalami penurunan tanah di era 1920-an. Shanghai sepanjang abad terakhir telah tenggelam lebih dari 3 meter.

Di era modern, bukti-bukti menunjukkan negeri China mengalami subsidensi di banyak kota.

Untuk lebih memahami masalah itu, satu tim peneliti dari beberapa perguruan tinggi China melakukan eksaminasi terhadap 82 kota, termasuk semua yang memiliki populasi lebih dari 2 juta jiwa.

Mereka menggunakan data dari satelit Sentinel-1 untuk mengukur pergerakan vertikal tanah di seluruh wilayah China.

Pemeriksaan terhadap periode 2015-2022 menunjukkan, sebanyak 45 persen daerah perkotaan mengalami subsidensi lebih dari 3mm per tahun.

Sekitar 16 persen tanah di perkotaan mengalami penurunan lebih dari 10mm setahun, yang menurut para peneliti itu merupakan penurunan permukaan tanah yang terkategori cepat.

Dari data itu bisa dikatakan bahwa 67 juta orang tinggal di daerah yang tanahnya mengalami penurunan dengan cepat. [Lihat gambar di atas yang menunjukkan lima daerah yang paling cepat subsidensinya.

  • Bagikan