Ini Tips Berolahraga bagi Penderita Asma, Diantaranya Tutup Hidung dan Mulut

  • Bagikan
Olahraga
Ilustrasi berolahraga Foto: freepik

HARIAN BERKAT – Aktivitas olahraga memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang menderita asma karena berpotensi memperparah gejala.

Hal ini biasanya terjadi dalam waktu singkat setelah memulai olahraga, mencapai puncak dalam beberapa menit, dan kemudian mereda dalam waktu sekitar satu jam. Kondisi ini dikenal sebagai bronkokonstriksi akibat olahraga (EIB).

Baca Juga: Ini Sederet Pola Hidup Sehat bagi Pengidap Asma

Meskipun sedikit menakutkan bagi penderita asma, olahraga adalah hal yang penting untuk menunjang kehidupan yang lebih sehat. Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (8/5/24), berikut sederet tips berolahraga bagi penderita asma, antara lain:

1. Berkonsultasi dengan dokter

Sebelum memulai rutinitas olahraga, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran yang sesuai berdasarkan tingkat keparahan asma Anda.

2. Rencana pengobatan asma

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Anda untuk membuat rencana tindakan asma yang mencakup tindakan pencegahan dan penanganan gejala.

3. Perhatikan tubuh

Kenali tanda-tanda normal dan gejala serangan asma saat berolahraga. Penting untuk tetap memerhatikan tubuh Anda.

4. Bawa inhaler

Selalu bawa inhaler sebagai penyelamat bagi penderita asma saat berolahraga untuk mengatasi gejala asma yang mungkin muncul.

5. Periksa cuaca

Hindari berolahraga dalam cuaca yang sangat dingin atau panas, yang dapat memicu gejala asma, atau bisa melakukan olahraga di dalam ruangan sebagai alternatif.

  • Bagikan