Jangan Diabaikan, Sederet Penyakit Ini Bisa Ditandai dengan Sariawan

  • Bagikan
sariawan
Ilustrasi, Sariawan

HARIAN BERKAT – Sariawan pasti pernah dialami oleh orang. Paling tidak sekali dalam seumur hidupnya. Meskipun terbilang umum, terkadang hal ini bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Adapun itu, sariawan ini bisa disebabkan banyak hal. Misalnya, dipicu oleh cedera pada lapisan dalam mulut, perubahan hormon, infeksi virus, hingga kondisi medis tertentu.

Baca Juga: Penderita Diabetes Wajib Hindari 6 Buah Ini, Diantaranya Mangga

Berikut sederet penyakit yang bisa ditandai dengan munculnya sariawan, antara lain:

1. Gingivostomatitis

Gingivostomatitis adalah infeksi pada mulut dan gusi yang menyebabkan pembengkakan dan luka. Penyakit ini bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sebagian besar gingivostomatitis sering terjadi pada anak-anak.

Gingivostomatitis bisa disebabkan oleh virus herpes simplex tipe 1 (HSV-1) atau virus coxsackie. Di samping itu, sariawan di bibir akibat gingivostomatitis rentan terjadi pada orang dengan kebersihan mulut yang buruk.

2. Lichen planus

Pernah mendengar penyakit bernama lichen planus (LP)? Kalau belum, tidak mengherankan, karena penyakit ini terbilang langka. Angka kejadiannya sekitar 1 dari 5000 orang.

Lichen planus adalah peradangan pada kulit, rambut, kuku, dan selaput lendir (mukosa) seperti mulut atau vagina. Ketika menyerang mulut, penyakit ini bisa terjadi pada rongga mulut seperti pipi bagian dalam, gusi, atau lidah. Meski jaringan terjadi, lichen planus pada mulut bisa menyebabkan bisul atau sariawan di bibir.

3. Penyakit autoimun

  • Bagikan