Pria Pertama Penerima Transplan Ginjal Babi Meninggal Dunia Usai 2 Bulan Operasi

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi ginjal/Pixabay

HARIAN BERKAT – Richard “Rick” Slayman (62) yang merupakan mamusia pertama yang berhasil menjalani transplantasi ginjal babi dikabarkan meninggal dunia dua bulan setelah operasi.

Sebelumnya pria tersebut menderita gangguan ginjal stadium akhir sebelum menjalani operasi pada bulan Maret.

Baca Juga: Waspada, Kencing Berbusa Bisa Jadi Tanda Kalau Ginjal Anda Bermasalah

Massachusetts General Hospital (MGH) pada hari Minggu 12 Mei 2024 mengatakan tidak ada indikasi bahwa kematiannya akibat ginjal transplan itu.

Transplantasi beberapa organ lain dari babi yang telah dimodifikasi secara genetik gagal di masa lalu, keberhasilan operasi yang dijalani Slayman dianggap pencapaian bersejarah.

Selain mengalami gangguan ginjal parah, Slayman juga menderita diabetes tipe 2 dan hipertensi. Pada 2018, dia pernah mendapatkan transplantasi ginjal manusia, tetapi ginjal itu tidak lagi berfungsi baik setelah lima tahun.

Usai menerima ginjal babi pada 16 Maret, para dokter mengkonfirmasi bahwa Slayman tidak perlu lagi menjalani dialisis karena ginjal babi itu berfungsi dengan baik.

“Bapak Slayman selamanya akan dikenang sebagai mercusuar harapan bagi banyak pasien transplan di seluruh dunia dan kami sangat bersyukur atas kepercayaan dan tekadnya untuk memajukan bidang xenotransplantation,” kata MGH.

  • Bagikan