Ini Lima Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

  • Bagikan
Ilustrasi Berenang/Foto: Pixabay

HARIAN BERKAT – Aktivitas olahraga berenang dipercaya dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga ini dapat membakar kalori lebih efektif dari pada aktivitas olahraga lainnya, sehingga cocok untuk mengurangi risiko penyakit kronis.

Ada berbagai gaya berenang yang dikenal, masing-masing dengan teknik dan manfaatnya sendiri. Gaya paling umum termasuk gaya bebas (freestyle), gaya punggung (backstroke), gaya dada (breaststroke), dan gaya kupu-kupu (butterfly).

Baca Juga: Studi ungkap Manfaat Habiskan Waktu di Alam Baik untuk Kesehatan

Berikut sejumlah manfaat kesehatan fisik dan mental pecinta olahraga renang:

1. Kurangi Stres dan Tingkatkan Mood
Berenang memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh, membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Selain itu, latihan berenang melepaskan endorfin, zat kimia dalam otak yang bertanggung jawab atas perasaan bahagia dan relaksasi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Salah satu manfaat utama berenang adalah menjaga kesehatan jantung. Selama berenang, tubuh bekerja keras untuk menggerakkan seluruh otot, termasuk jantung.

Aktivitas ini membantu melatih jantung untuk memompa darah dengan lebih efisien, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

  • Bagikan