Ini Sederet Penyakit Anak yang Ditularkan Lewat Makanan

  • Bagikan
Ilustrasi anak-anak sedang asyik bermain/Foto: Pixabay

HARIAN BERKAT – Seringkali orang tua terlalu fokus dengan nutrisi anak hingga abai dengan penyakit yang dipicu oleh keamanan makanan yang tidak terjamin. Beberapa penyakit dapat ditularkan melalui makanan pada anak.

Kontaminasi bisa terjadi pada berbagai tahap, mulai dari produksi hingga penyimpanan dan penyajian makanan. Moretta menyoroti bahwa penularan infeksi sering terjadi melalui tangan yang tidak dicuci setelah menggunakan toilet atau sebelum menyiapkan makanan.

Baca Juga: Polri dan Polisi Thailand Terus Buru Gembong Narkoba Fredy Pratama

Pertama, pada alat makan dan peralatan masak. Saat terkontaminasi patogen, benda-benda ini bisa jadi sumber penyebaran penyakit.

Tak hanya itu, menyimpan makanan pada suhu yang tidak sesuai atau dalam kondisi yang tidak higienis dapat menyebabkan perkembangbiakan mikroorganisme.

Misalnya, bakteri dapat berkembang biak dengan cepat pada suhu di atas 5-60 derajat Celcius. Dengan ini, penting untuk menyimpan makanan pada suhu yang tepat.

Berikut sederet penyakit yang dapat ditularkan pada anak melalui makanan, antara lain:

1. Salmonellosis

Penyakit ini disebabkan oleh Salmonella typhimurium dan S. enteriditis, dengan masa inkubasi 8-48 jam. Organisme ini bisa hadir di dalam daging, unggas, ikan, telur, dan produk susu.

Gejala yang muncul biasanya berupa mual-muntah, kram perut, demam, hilang nafsu makanan, sakit kepala, hingga kemunculan darah pada tinja.

Baca Juga: Studi ungkap Tato Permanen Bisa Tingkatkan Resiko Kanker Darah

2. Kampilobakteriosis

Disebabkan oleh Campylobacter jejuni, dengan masa inkubasi 2-10 hari. Organisme ini biasa hinggap di dalam susu atau unggas.

  • Bagikan