Pj Bupati Sanggau Harap Semua Stakeholder Solid Tangani Bencana

  • Bagikan
Pj Bupati Sanggau Suherman menghadiri rakortek sub urusan bencana yang dilaksanakan di aula Sabang Merah lantai dua Sekretariat daerah Kabupaten Sanggau, Selasa 11 Juni 2024.

HARIAN BERKAT  – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman berharap semua stakeholder terkait seperti unsur pemerintah, TNI/Polri, swasta maupun stakeholder lainnya termasuk masyarakat di tiap-tiap desa untuk solid menangani bencana.

Harapan tersebut disampaikan Suherman saat menghadiri rapat koordinasi teknis (rakortek) sub urusan bencana yang dilaksanakan di aula Sabang Merah lantai dua Sekretariat daerah Kabupaten Sanggau, Selasa 11 Juni 2024.

Baca Juga: Percepat Realisasi Enam Proyek Strategis Daerah, Dinas PUPR Sanggau Siapkan Kontrak

Selain Pj Bupati Suherman, kegiatan yang mengangkat tema penguatan kelembagaan multi sektor penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Sanggau tersebut juga dihadiri Kasubdit fasilitas penyelamatan dan evakuasi BNPB, Gatot Satria Wijaya serta stakeholder terkait lainnya.

“Kegiatan ini penting sebagai langkah strategis pencegahan dan penanggulangan bencana,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubdit fasilitas penyelamatan dan evakuasi BNPB, Gatot Satria Wijaya mengatakan, kegiatan hari ini juga sekaligus menyosialisasikan keberadaan Tim Reaksi Cepat (TRC) berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri. Tim yang terdiri dari gabungan stakeholder terkait ini akan bergerak cepat ketika terjadi bencana.

“Apabila terjadi bencana, khususnya dalam bidang penanggulangan kedaruratan maka akan dilakukan pengkajian secara cepat, baik terhadap lokasi, dampak kerusakan maupun korban jiwa serta harta benda. Dari situlah nantinya ditentukan statusnya apakah keadaaan darurat atau tidak. Ketika statusnya darurat mala penanganan dilakukan secara cepat dan tepat untuk para korban utamanya,” ungkap dia.

  • Bagikan