Pj Sekda M Bari Ingatkan Peran Penting Satlinmas Bagi Desa

  • Bagikan
Pj Sekda Kalbar, M Bari, membuka kegiatan Rapat Fasilitasi Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat Desa dan Kelurahan Tahun 2024. FOTO : Pemprov Kalbar

HARIAN BERKAT – Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, disebutkan bahwa Desa berkewajiban melindungi dan menjaga persatuan dan kesatuan serta kerukunan masyarakat Desa dalam rangka Kerukunan Nasional dan Keutuhan NKRI.

Selanjutnya disebutkan pula bahwa salah satu kewenangan Kepala Desa adalah membina ketentraman dan ketertiban masyarakat Desa dan Kepala Desa berkewajiban memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat Desa.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pemprov Kalbar menyelenggarakan Rapat Fasilitasi Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat Desa/Kelurahan Tahun 2024 yang dibuka secara langsung oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar (Pj. Sekda Kalbar), Mohammad Bari, S.Sos, M.Si, di Hotel Harris Pontianak, Rabu 10 Juli 2024.

Baca Juga : Terima Kunjungan Taruna AAU, Ini Pesan Pj Gubernur Kalbar Harisson

Pj Sekda mengatakan terkait Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) yang dibentuk oleh Kepala Desa berdasarkan Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat, diharapkan dapat melaksanakan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

“Menjaga Trantib Linmas Desa dan Kelurahan juga sangat penting dalam menjaga stabilitas politik dan ekonomi di Desa/Kelurahan. Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 menyebutkan peran Satuan Perlindungan Masyarakat yang ada di Desa maupun di Kelurahan menjadi ujung tombak terwujudnya penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat,” katanya.

Desa
Pj Sekda Kalbar, M Bari, membuka kegiatan Rapat Fasilitasi Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat Desa dan Kelurahan Tahun 2024. FOTO : Pemprov Kalbar

Dirinya berharap dengan adanya rapat tersebut melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalbar dapat menghimpun Kabupaten/Kota yang desanya telah memiliki SATLINMAS.

  • Bagikan