Kalbar

4 bulan yang lalu

Kebangkitan Indonesia Melawan Korupsi, LAKI Kerahkan Lima Ribu Relawan

Marupek

Senin, 24 Januari 2022 - 15:16 WIB

Ketua Umum Laskar Anti Korupsi Indonesia, Burhanudin Abdullah, SH, saat meimpin rapat persiapan Apel Kebangkitan dengan Tema Indonesia Melawan Korupsi, pada 20 Mei 2022.

Ketua Umum Laskar Anti Korupsi Indonesia, Burhanudin Abdullah, SH, saat meimpin rapat persiapan Apel Kebangkitan dengan Tema Indonesia Melawan Korupsi, pada 20 Mei 2022.

HARIAN BERKAT – Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) akan mengadakan Kegiatan Apel Kebangkitan dengan Tema Indonesia Melawan Korupsi, pada 20 Mei 2022 mendatang.

Dalam Kegiatan tersebut LAKI akan mengerahkan 1000 sampai 5000 Relawan LAKI se Indonesia. Sebelum Kegiatan tersebut DPP LAKI telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak diantaranya kepada pihak Kapolri dan diterima oleh Dittipikor Bareskrim Polri.

“Dalam pertemuan tersebut kita sampaikan agar Bapak Kapolri bersedia dan berkenan sebagai Inspektur Upacara sekaligus memberikan Pengarahan. Dalam kesempatan tersebut LAKI juga menyampaikan Ide atau gagasan tentang Revisi UU Tipikor,” kata Ketua Umum Laskar Anti Korupsi Indonesia, Burhanudin Abdullah, SH, kepada sejumlah Wartawan, kemarin.

Menurut Burhanudin, UU sekarang belum mampu membuat efek jera pelaku koruptor untuk melalukan korupsi. Selanjutnya LAKI juga mendukung Kapolri membentuk semacam Komite Pemberantasan Korupsi Polri disingkat KPKP. Karena telah didukung fasilitas dan ESDM Polri di seluruh Indonesia.

Pada Kamis 27 Januari 2022 LAKI juga akan diterima Audensi di KPK RI. Kegiatan tersebut merupakan perwujudan dalam Rangka merealisasikan program kerja DPD LAKI menuju indonesia bebas korupsi sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah dalam menciptakan pemerintah yang baik dan bebas KKN (good and Clean Gobernance) .

Sebagai persiapan pada tanggal Sabtu 22 Januari 2022 telah melakukan persiapan dini dengan mengundang perwakilan Relawan LAKI se Kalimantan Barat di bawah asuhan H.M. Ali Anafia, SH, MBA. MSc. MSi mantan Ketua DPRD Kota Pontianak dan bertindak sebagai Ketua Pelaksana.

Untuk itulah Relawan LAKI menggelar Rapat mengenai Tugas Pokok yang akan di laksanakan oleh Relawan LAKI yang di laksanakan di Kantor Relawan LAKI di Jalan Raya TPI Komplek PHK No.269 Pontianak Kalimantan Barat .

Burhanudin mengatakan mendukung Program Pemerintah dalam Penegakan hukum dan Pencegahan Korupsi di Indonesia.

“Melalui Organisasi Masyarakat LAKI yang sudah terbentuk di tingkat Provinsi dan Kabupaten se Indonesia dengan cepat dan mudah membentuk Relawan LAKI dari Pusat sampai ke tingkat RT sehingga pergerakan LAKI untuk Pencegahan Korupsi dalam membantu Program Pemerintah akan bisa lebih efektif dan optimal,” kata Burhanudin.

Ia menambahkan Relawan LAKI ini bagian dari Ormas LAKI yang tidak terpisahkan. Karena melalui Relawan LAKI akan membantu Pembentukan Ormas LAKI sampai ke tingkat RT juga.

“Melalui Relawan LAKI juga akan membantu perkuat peran LAKI dalam Pengawasan atau monitoring untuk melakukan pencegahan Tindak Pidana Korupsi dari pusat sampai ke RT. Peran Relawan bukan hanya sebagai pencegahan korupsi tetapi lebih berfungsi sebagai peran sosial kemasyarakatan,” ujar Burhanudin.

Burhan menambahkan Relawan LAKI juga akan ikut berpartisipasi aktif mendukung TNI Polri dalam menciptakan pembangunan yang Kondusif. Mengenai tempat kegiatan 20 Mei 2022 Apel Kebangkitan Indonesia Melawan Korupsi akan ditentukan setelah dilakukan kordinasi dengan pihak terkait.

“Kenapa Tanggal 20 Mei dipilih LAKI dalam melakukan kegiatan tersebut. Karena 20 Mei merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa indonesia. Dimana saat itu Bung Tomo telah mampu mempersatukan rakyat Indonesia melawan Penjajah untuk Kemerdekaan RI yang dikenal dengan hari Kebangkitan Nasional,” jelasnya.

Presiden RI Ir. Soekarno telah mempersatukan partai politik yang berseteru untuk bersatu melawan penjajah Belanda yang akan kembali untuk menjajah Indonesia.
Era Pemerintahan Ir. H Joko Widodo Presiden RI sangat konsen dan fokus dalam pemberantasan dan Pencegahan Korupsi melalui Perpres Nomor 43 tahun 2018 .

“Saat ini kita sudah merdeka dan sudah tidak ada lagi penjajah, yang ada hanya Koruptor yang masih ada yang ingin merusak tatanan ekonomi rakyat. Karena itu idealnya kita harus bersatu dan memiliki komitmen yang sama untuk bersatu melawan koruptor agar negara yang kita cintai dan banggakan ini akan bebas dari Korupsi. Kita tetap optimis dan jangan pesimis,” pungkasnya.
Burhanudin mengajak semua elemen dan komponen masyarakat bersatu untuk berjuang bersama untuk melawan koruptor untuk mewujudkan Indonesia Hebat. (*)

Berita ini telah dibaca 69 kali

Berita Lainnya