Kurang Minum Air Putih Memicu Percepat Penuaan Dini

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi minum air putih/Pixabay

HARIAN BERKAT – Sebuah studi terbaru semakin menguatkan pendapat bahwa rutin minum air putih sangatlah dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Dari studi tersebut disimpulkan bahwa orang dewasa yang tidak cukup terhidrasi bisa mengalami penuaan lebih cepat. Bahkan, mereka berisiko lebih tinggi terkena penyakit kronis yang bisa mengakibatan kematian dini.

Baca Juga: 3 Masalah Kesehatan akan Muncul Jika Kurang Minum Air Putih

Dalam penelitian selama 25 tahun, peneliti menganalisis kunjungan medis dari lebih 11 ribu orang dewasa di Amerika Serikat (AS) yang berusia antara 45 sampai 66 tahun dan memantau kunjungan mereka hingga berusia antara 70 hingga 90 tahun.

“Bukti yang muncul dari penelitian kami dan lainnya menunjukkan bahwa menambahkan hidrasi yang baik secara konsisten ke pilihan gaya hidup sehat (lainnya) dapat memperlambat proses penuaan,” penulis utama studi tersebut.

Selama studi, peneliti melacak hidrasi pada subjek dengan memantau berapa banyak natrium yang ditemukan dalam darah mereka. Hipotesis yang digunakan adalah semakin tinggi kadar natrium, peserta semakin sedikit terhidrasi.

  • Bagikan