Disebut Pohon Ajaib Ternyata Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Daun kelor atau moringa bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia- Foto oleh Alongkorn Tengsamut dari Pixabay

HARIAN BERKAT – Dari beberpa sumber yang di himpun menyatakan banyak para ahli di dunia menyebutkan pohon Daun Kelor atau Morenga merupakan pohon ajiab atau dalam bahasa asingnya di sebut Miracle Tree.

Sebutan itu bukan tampa alasan, dan perlu di ketahui daun dari pohon ajaib itu walaupun memiliki ukuran kecil ternyata banyak mengandung manfaat penting bagi kesehatan tubuh manusia.

BACA JUGA : Tips Mengolah Makanan Lalapan Daun Pepaya Agar Tidak Pahit, Begini Caranya

Sementara itu para ahli telah melakukan penelitian mengenai khasiat daun kelor telah dimulai sejak 1980. Penelitian yang dilakukan tidak hanya pada bagian daunnya saja, tetapi juga pada kulit batang, buah dan bijinya.

Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsinya, karena manfaat dari kandungan daun kelor yang besar. Dan, manfaat daun kelor ternyata bisa juga mencegah terjadinya kasus gagal tumbuh pada anak atau stunting.

Dari hasil penelitian daun kelor  memiliki berbagai kandungan yaitu potasium tiga kali lipat dari pada pisang dan mengandung Kalsium empat kali lipat daripada susu. Daun kelor juga mengandung Vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk, Vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel dan mengandung dua kali lipat protein dari pada susu.

BACA JUGA : Tertarik Ingin Mengunakan Sepatu Tetapi Kekecilan, Begini Tips Melonggarkan Sepatu Sempit

Lebih dari 1.300 studi, artikel dan laporan telah menjelaskan tentang manfaat daun kelor dan kemampuan dalam penyembuhan penyakit, yang penting dalam menghadapi permasalahan wabah penyakit dan masalah kekurangan gizi.

Penelitian menunjukkan bahwa hampir setiap bagian dari tanaman kelor memiliki khasiat penting, yang dapat dimanfaatkan seperti penjelasaan di bawah ini :

  • Menghilangkan Flek Wajah

Ramuan sederhananya, ambil beberapa daun kelor yang masih muda, tumbuk hingga sangat halus, lalu gunakan sebagai bedak (atau juga bisa dicampur dengan bedak).

Di beberapa negara ekstrak daun kelor sudah digunakan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik untuk kulit. Bagian tanaman kelor yang banyak digunakan untuk kulit yaitu pada bagian kulit batang, daun, bunga dan biji.

Daun kelor mengandung nutrisi seperti kalsium dan mineral seperti tembaga, besi, seng (zinc), magnesium, silika dan mangan. Daun kelor juga bisa menjadi pelembab alami, memiliki kegunaan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

Pada daun kelor, terdapat lebih dari 30 zat antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Daun kelor kaya akan mineral dan asam amino yang bisa membantu produksi kolagen dan protein keratin, yang penting bagi kesehatan seluruh jaringan kulit di tubuh.

Terdapat beberapa merek terkenal produk kosmetika yang menggunakan minyak kelor sebagai bahan baku produknya. Terutama produk perawatan kulit seperti krim antiaging, krim antikerut, minyak aromaterapi, facialfoam, lotion, krim pencerah dan deodoran.

Manfaat tanaman kelor ini sangat diperlukan untuk kesehatan dan keindahan kulit, dimulai dari daun kelor, minyak kelor hingga bunga Kelor.

BACA JUGA : Tips Menghilangkan Bau Mulut, Begini Caranya !

Bunga kelor sering digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan parfum, cologne, minyak rambut, dan minyak aromaterapi. Bunga kelor mengandung asam oleat tinggi, sangat baik disuling menjadi minyak. Minyak bunga kelor dapat diandalkan untuk menyerap dan mempertahankan aroma.

  • Menjaga Berat Badan

Hal penting yang jangan dilupakan yaitu untuk menjaga tubuh agar tetap seimbang berat badannya. Studi yang dilakukan para ahli menemukan bahwa teh kelor membantu untuk menangani masalah pencernaan yang manfaatnya untuk merangsang metabolisme tubuh agar optimal dalam membakar kalori.

Teh daun kelor ternyata juga mengandung polyphenol yang tinggi, yang bekerja sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan untuk mendetoksifikasi racun di dalam tubuh, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Menyehatkan Mata

Daun kelor memiliki kandungan tinggi vitamin A yang sangat baik untuk mata. Konsumsi daun kelor bermanfaat agar organ mata selalu dalam keadaan sehat dan jernih.

Daun kelor dapat dimanfaatnya dalam menyembuhkan penyakit mata, bisa dengan dimakan secara langsung (setelah daun dibersihkan).

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Daun Kelor bila dikosumsi secara rutun dan benar dapat membantu ginjal bekerja dan berfungsi dengan optimal. Karena daun kelor mengandung beberapa zat-zat yang menang sangat di butuhkan dalam memelihara kesehatan ginjal.

  • Memanfaatkan Daun Kelor Untuk Kecantikan

Hal ini bisa menjadi alternatif perawatan kecantikan alami. Selain menggunakan minyak atsirinya dan bubuk kelor yang dijual di pasaran, Anda bisa memanfaatkan daunnya secara langsung.

BACA JUGA : Meskipun Banyak Manfaat, Seledri Jika Dikonsumsi Berlebihan Akan Ada Efek Sampingnya

Caranya, pertama-tama buatlah pasta daun kelor. Pilih daun kelor yang masih hijau dan segar, pisahkan dari rantingnya.Haluskan daun kelor dengan ditambahkan sedikit air saja (agar daun kelor menjadi bentuk pasta). Kemudian dijadikan ramuan tersebut sebagai masker, pasta daun kelor tersebut bisa disimpan selama 3 hari di dalam lemari es.

  • Memperlambat Efek Penuaan

Sebuah studi di tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Ilmu dan Teknologi Pangan untuk menguji manfaat kelor. Mengetahui tentang kadar enzim antioksidan yang berharga, peneliti ingin menyelidiki apakah daun kelor bisa membantu memperlambat efek penuaan, dengna memanfaatkan antioksidan herbal alami, yang mampu menyeimbangkan hormon secara alami.

Studi dengan melibatkan sembilan puluh wanita menopause antara usia 45-60 tahun dibagi menjadi tiga kelompok, yang diberikan berbagai tingkat suplemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi dengan kelor dan bayam menyebabkan peningkatan yang signifikan senyawa antioksidan, yang berperan penting dalam memperlambat efek penuaan.

  • Daun Kelor Cukupi Gizi Ibu Menyusui dan Anak

Dosen Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, Yosi Bayu Murti menjelaskan bahwa pengembangan manfaat tanaman kelor di Indonesia terbilang terlambat dibanding luar negeri.

Namun, masih ada kesempatan mengembangkannya untuk pangsa pasar dalam negeri, sebelum nantinya diambil alih produsen luar negeri.

  • Bagikan