Waspada, Ini Lima Bahaya Kekurangan Minum Air Putih

  • Bagikan
Ilustrasi minumair putih/Foto: Pixabay

HARIAN BERKAT – Tubuh manusia membutuhkan asupan cairan untuk beragam kebutuhan. Sebagian di antaranya adalah untuk meregulasi suhu di dalam tubuh, melubrikasi sendi, serta membuang kotoran keluar tubuh.

Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan cairan sesuai kebutuhan, tubuh akan memunculkan rasa haus. Dengan begitu, seseorang yang kekurangan asupan cairan akan terdorong untuk minum lebih banyak.

Baca Juga: 7 Minuman Ini Terbaik untuk Turunkan Berat Badan, Diantaranya Air Putih

“Tubuh sangat mahir dalam mendorong kita untuk minum ketika kita memerlukannya, karena (asupan air) penting untuk kelangsungan hidup kita,” ungkap pakar olahraga dan pendiri Precision Hydration, Andy Blow.

Selain itu seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima kondisi yang bisa muncul dan membahayakan kesehatan:

1. Masalah Pencernaan
Tubuh yang kekurangan cairan dapat memengaruhi pergerakan usus dan memengaruhi produksi limbah. Saat tubuh terhidrasi, reseptor air di pencernaan menarik uap air untuk melunakkan tinja.

Jika tubuh tidak memiliki cukup air, kotoran mungkin menjadi keras, sehingga menyebabkan sembelit dan sulit untuk buang air besar. Beberapa efek samping juga dapat timbul, seperti kram dan sakit perut.

2. Sakit Kepala
Jika mengalami sakit kepala, ada kemungkinan Anda tidak mendapatkan cukup air. Kekurangan cairan pada tubuh menyebabkan peregangan saluran darah di otak sehingga menyebabkan sakit kepala.

  • Bagikan