Deretan Makanan Sehat Ini Diyakini Bantu untuk Merangsang 5 Indera Tubuh

  • Bagikan
Ilustrasi paprikayang dikabarkan dapat merangsang 5 indera tubuh/Foto: Pixabay

Misalnya bawang putih yang mengandung allicin, senyawa yang dikenal memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Sementara kunyit mengandung kurkumin.

Itu merupakan senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Kamu bisa memasukkan rempah-rempahan tersebut dalam makanan untuk merangsang indera penciuman.

4. Indera Pendengaran

Untuk merangsang indera pendengaran, kamu perlu mengonsumsi makanan bertekstur renyah. Alih-alih keripik, pilihlah makanan sehat seperti apel, almond, dan seledri.

Tak hanya bagus untuk pendengaran, makanan renyah tersebut mampu merangsang produksi air liur yang akan membantu menetralkan asam di mulut sehingga mencegah kerusakan gigi.

Seperti apel misalnya, yang selain renyah juga merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik. Begitu juga dengan almond yang kaya akan lemak sehat.

Kemudian ada seledri yang memiliki tekstur berserat juga berperan sebagai sikat gigi alami, di mana mampu membersihkan gigi dan gusi saat kita mengunyah.

5. Indera Peraba

Indera peraba terlibat melalui tekstur makanan yang kita konsumsi. Misalnya, alpukat dengan konsistensi krimnya menambah sentuhan lembut pada salad dan sandwich.

Atau kamu juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji chia. Biji itu akan menawarkan rasa renyah yang memuaskan.

Baca Juga: Sederet Makanan dan Minuman Ini Menjadi Penyebab Kecemasan

Makanan seperti yogurt dan puding pun mampu merangsang indera peraba karena teksturnya yang halus dan lembut, sehingga memberikan rasa mewah di mulut.

  • Bagikan